MODEL COMMUNITY BASED TOURISM PADA DESA WISATA KEMBANGARUM, PENTINGSARI DAN NGLANGGERAN, DIY SEBAGAI PENERIMA PNPM MANDIRI PARIWISATA

Purbasari, Novia and Asnawi, Asnawi (2014) MODEL COMMUNITY BASED TOURISM PADA DESA WISATA KEMBANGARUM, PENTINGSARI DAN NGLANGGERAN, DIY SEBAGAI PENERIMA PNPM MANDIRI PARIWISATA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
143Kb

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa, namun memiliki potensi pariwisata yang tinggi. Hal ini dikarenakan DIY memiliki faktor yang berkenaan dengan keanekaragaman objek, dan ragam spesifikasi objek dengan karakter yang mantap dan unik. Hal ini memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat lokal. Sehingga munculah desa –desa wisata yang berada di sekitar DIY yang dikelola oleh masyarakat lokal yang bergerak di bidang pariwisata yang sering disebut community based tourism (pariwisata berbasis masyarakat). Melalui pariwisata berbasis masyarakat, pemerintah menanggapinya dengan suatu program yaitu PNPM Mandiri Pariwisata. Namun tidak semua desa wisata mampu membawa desa wisata menuju keberhasilan. Desa Kembangarum, Pentingsari dan Nglanggeran mampu menunjukkan keberhasilan community based tourism. Hal itu dilihat dari banyaknya penghargaan yang mereka terima. Berkaitan dengan hal itu, muncul satu pertanyaan yang menjadi dasar dari penelitian ini, yaitu bagaimana model community based tourism pada Desa Wisata PNPM Mandiri Pariwisata di Desa Kembangarum, Pentingsari dan Nglanggeran, DIY. Dari pertanyaan di atas, tersusunlah tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji model community based tourism pada Desa Wisata Kembangarum, Pentingsari dan Nglanggeran, DIY Sebagai Penerima PNPM Mandiri Pariwisata.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:61980
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:17 Apr 2018 15:18
Last Modified:17 Apr 2018 15:18

Repository Staff Only: item control page