PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE DISKUSI, POSTER DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL PADA ANAK JALANAN KOTA SEMARANG (Studi Kasus Di Rumah Pintar Bang Jo)

Zatalini, Dian Sharafina and Wulandari, Diah Rahahyu (2018) PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE DISKUSI, POSTER DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL PADA ANAK JALANAN KOTA SEMARANG (Studi Kasus Di Rumah Pintar Bang Jo). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
441Kb
[img]
Preview
PDF
180Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
113Kb

Abstract

Latar Belakang: Anak jalanan merupakan anak usia 5 hingga 18 tahun yang aktif bekerja di jalanan di kawasan urban. Oleh karena sebagian besar waktunya di habiskan di jalan maka anak jalanan menjadi rentan terhadap permasalahan yang ada di jalanan salah satunya adalah perilaku penyimpangan seksual. Selain itu, informasi mengenai Penyakit Menular Seksual juga masih kurang di kalangan anak jalanan, karena sebagian besar waktu digunakan untuk bekerja di jalanan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan meningkatan pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual pada anak jalanan . Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan pre and post test group design. Responden dalam penelitian ini adalah anak jalanan usia 12 hingga 18 tahun yang aktif bekerja di jalanan sebanyak 40 anak. Langkah awal dilakukan wawancara pre test. Selanjutnya dilakukan edukasi mengenai Penyakit Menular Seksual. Setelah itu, dilakukan wawancara post test 1 minggu berikutnya. Data yang didapat dideskripsikan dalam bentuk tabel dan grafik, dilakukan uji Saphiro-Wilk untuk normalitas data dan T-test untuk hipotesis. Hasil: Uji Saphiro-Wilk dan T-test menunjukkan terdapat perbedaan bermakna mengenai pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Simpulan: Penyuluhan dengan metode diskusi, poster dan video meningkatkan pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual pada anak jalanan. Kata kunci: penyuluhan, anak jalanan, pengetahuan, Penyakit Menular Seksual.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:61942
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Apr 2018 13:42
Last Modified:13 Apr 2018 13:42

Repository Staff Only: item control page