FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN MOTIVATOR ASI DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (STUDI KUALITATIF PADA MOTIVATOR ASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENDAL II KABUPATEN KENDAL TAHUN 2017)

ANGGRAENI, NOFI (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN MOTIVATOR ASI DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF (STUDI KUALITATIF PADA MOTIVATOR ASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENDAL II KABUPATEN KENDAL TAHUN 2017). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Motivator ASI merupakan salah satu program atau kegiatan yang dapat mendukung keberhasilan ibu dalam memberikan ASI pada bayi secara eksklusif. Diharapkan adanya motivator ASI membantu konselor ASI dalam memberikan motivasi ASI eksklusif sehingga dapat meningkatkan capaian ASI eksklusif yang masih rendah. Di Kabupaten Kendal sendiri capaian ASI eksklusif belum mencapai target, pada tahun 2015 yaitu 71,07%, tahun 2016 sebesar 61,1%. Walaupun sudah ada motivator ASI, namun capaian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Kendal II masih sangat rendah dibandingkan dengan wilayah kerja puskesmas lain di Kabupaten Kendal, pada tahun 2014 dan 2015 mengalami penurunan 41,14%, tahun 2016 capaian ASI eksklusif sebesar 41,67%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran motivator ASI dalam pemberian ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Kendal II Kabupaten Kendal Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 16 orang dengan 5 informan utama dan 11 informan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi peran motivator ASI di wilayah kerja Puskesmas Kendal II, yaitu faktor pemudah meliputi pengetahuan, sikap, dan motivasi motivator ASI sudah baik. Faktor pemungkin meliputi pelatihan, media/ alat peraga, akses, serta imbalan, dimana seluruh motivator ASI telah mengikuti pelatihan dan mendapatkan media/ alat peraga namun tidak semua mendapatkan, untuk akses sendiri mudah dijangkau, namun motivator ASI tidak mendapatkan imbalan sebagai motivator ASI. Pada faktor penguat, motivator ASI mendapatkan dukungan dari keluarga dan dukungan dari teman/ sesama motivator ASI, namun tidak mendapat dukungan dari pemegang kebijakan yaitu Dinas Kesehatan Kata Kunci: Faktor-faktor, peran, motivator ASI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:61897
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 Apr 2018 08:48
Last Modified:12 Apr 2018 08:48

Repository Staff Only: item control page