FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES TIPE 2(STUDI PADA WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG)

RAHAYU, KHASANAH BUDI (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES TIPE 2(STUDI PADA WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Diabetes melitus tipe 2 merupakan penyakit yang memerlukan perawatan dan pengelolaan secara berkelanjutan demi mencegah komplikasi yang dapat terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kadar gula darah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari bulan September hingga Oktober 2017 di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 65 dari 173 orang. Sampe dipilih dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kuesioner dan pengukuran. Sedangkan analisis statistik menggunakan uji Pearson Product Moment, Rank Spearman dan Lambda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 60% responden memiliki kadar gula darah yang tidak terkendali. Sedangkan hasil analisis bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan bermakna antara kepatuhan minum obat, tingkat aktivitas fisik dan dukungan keluarga dengan kadar gula darah. Sementara itu diketahui tidak ada hubungan bermakna antara lama menderita DM, status obesitas, kepatuhan diet, jenis latihan jasmani, frekuensi latihan jasmani dan tingkat motivasi dengan kadar gula darah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan puskesmas melakukan edukasi tidak hanya pada penderita diabetes melainkan pada keluarga terdekat penderita diabetes melitus.Dan bagi penderita diabetes diharapkan mengonsumsi obat sesuai petunjuk dokter Kata Kunci: Diabetes Melitus Tipe 2, Kadar Gula Darah Puskesmas Kedungmundu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:61892
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Apr 2018 08:30
Last Modified:12 Apr 2018 08:30

Repository Staff Only: item control page