EFEKTIFITAS PERMEN KARET PROBIOTIK DALAM MENURUNKAN INDEKS PLAK DAN JUMLAH KOLONI STREPTOCOCCUS SP. SALIVA(Studi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Ungaran 02)

Himawan, Adidharma and Prihatiningsih, Tyas and Hardini, Nadia (2018) EFEKTIFITAS PERMEN KARET PROBIOTIK DALAM MENURUNKAN INDEKS PLAK DAN JUMLAH KOLONI STREPTOCOCCUS SP. SALIVA(Studi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Ungaran 02). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
465Kb
[img]
Preview
PDF
313Kb
[img]
Preview
PDF
282Kb
[img]
Preview
PDF
516Kb

Abstract

Latar Belakang: Karies gigi masih merupakan masalah utama dari sekian banyak masalah kesehatan gigi dan mulut di dunia. Karies gigi terutama terjadi pada anak usia Sekolah Dasar dimana angka kejadian karies sangatlah tinggi. Oleh karena itu diperlukan upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan karies dapat dilakukan dengan konsumsi probiotik dalam bentuk permen karet. Lactobacillus reuteri dalam permen karet memproduksi zat reuterin yang dapat berfungsi sebagai antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan menghambat pembentukan plak gigi. Tujuan: Membuktikan efektifitas permen karet probiotik dalam menurunkan indeks plak dan jumlah koloni Streptococcus sp. saliva pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Ungaran 02. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas 5 Sekolah Dasar yang tercatat sebagai siswa di SD Ungaran 02, Kelurahan Ungaran, Kecamatan Ungaran Barat, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah yang memenuhi kriteria penelitian. Data karakteristik yang diambil adalah indeks plak dan jumlah koloni Streptococcus sp. saliva yang diukur sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah pemberian permen karet yang mengandung probiotik satu kali sehari selama 2 minggu. Data kemudian diolah menggunakan uji paired t test dan uji pearson. Hasil: Permen karet probiotik mampu menurunkan Indeks plak dan Jumlah koloni Streptococcus sp. . Analisis uji t berpasangan menunjukan indeks plak sebelum diberi permen karet probiotik 2,30 ± 0,19 berbeda bermakna dengan indeks plak sesudah 1,92 ± 0,30(p < 0,05). Analisis uji t berpasangan menunjukan jumlah koloni Streptococcus sp.(106CFU/ml) saliva sebelum diberi permen karet probiotik 225,60 ± 53,66 berbeda bermakna dengan jumlah koloniStreptococcus sp. (106CFU/ml) saliva sesudah 113,90 ± 28,88 (p < 0,05) dengan korelasi sangat kuat antara indeks plak dengan jumlah koloni Streptococcus sp. . Kesimpulan: permen karet probiotik efektif dalam menurunkan nilai indeks plak gigi dan jumlah koloni Streptococcus sp. saliva pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Ungaran 02 Kata Kunci: probiotik, indeks plak, jumlah koloni Streptococcus sp. saliva, siswa Sekolah Dasar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:61708
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Apr 2018 11:22
Last Modified:05 Apr 2018 11:22

Repository Staff Only: item control page