PENGISI PERAN SINTAKTIS SATUAN LINGUAL BERADVERBIA PENANDA JUMLAH PADA TEKS TERJEMAHAN ALQURAN

Markhamah, Markhamah and Ngalim, Abdul and Muinuddinillah Basri, Muhammad (2017) PENGISI PERAN SINTAKTIS SATUAN LINGUAL BERADVERBIA PENANDA JUMLAH PADA TEKS TERJEMAHAN ALQURAN. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
718Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61676

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran yang diisi oleh satuan lingual yang mengandung adverbia penanda jumlah pada teks terjemahan Alquran (TTA). Objek penelitian ini adalah satuan lingual yang beradverbia penanda jumlah pada TTA. Penumpulan data dengan menggunakan teksnik simak bebas libat cakap. Analisis data menggunakan metode padan referensial dan metode agih dengan teknik lanjutan baca markah. Hasil analisis dapat dinyatakan bahwa satuan lingual beradverbia penanda jumlah tidak selalu mengisi peran jumlah, tetapi mengisi beberapa peran lainnya. Peran yang diisi adalah penerima, hasil, perbandingan, tujuan, menerangkan/ pengenal, perkecualian, jumlah, penderita, dan pelaku. Satuan lingual beradverbia penanda jumlah yang mengisi peran tujuan ditandai oleh satuan lingual kepada atau untuk. Satuan lingual beradverbia penanda jumlah yang mengisi peran pengenal/menerankan ditandai oleh satuan lingual adalah/merupakan. Satuan lingual beradverbia penanda jumlah yang mengisi peran perkecualian ditandai oleh satuan lingual kecuali. Satuan lingual beradverbia penanda jumlah yang mengisi peran perbandinga ditandai oleh satuan lingual seperti/sebagaimana. Kata kunci: adverbia, penanda jumlah, peran sintaktis

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:61676
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2018 22:28
Last Modified:03 Apr 2018 22:28

Repository Staff Only: item control page