METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIKAL

Puspita Dewi, Desyarini and Hayati, Rizka (2017) METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIKAL. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
310Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61673

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan mind map terhadap keterampilan presentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa bahasa inggris FKIP UNIKAL yang mempunyai keterampilan motivasi sedang. Dengan adanya pelatihan mind map kepada subjek, diharapkan kemampuan presentasi mereka akan meningkat. Sedain penelitian menggunakan kuasi eksperimen with untreated control group. Ada dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol tanpa adanya perlakuan. Pada kedua kelompok diberikan pre test dan post test keterampilan presentasi. Analisis menggunakan perbandingan mean rank (rata-rata peringkat). Uji Mann whitney digunakan untuk mencari perbedaan antara hasil kelompok eksperimen dan kontrol. Setelah analisis data, mean rank kelompok eksperimen adalah 12,5, sedang kelompok kontrol 3,5. Uji Mann whitney menghasilkan nilai p 0.001 > 0.005 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan antara kelompok yang diberi pelatihan mind map (eksperimen) dibanding dengan kelompok kontrol. Kata kunci : Metode, Mind Map, keterampilan presentasi.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P95-95.6 Oral communication. Speech
ID Code:61673
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Apr 2018 20:36
Last Modified:03 Apr 2018 20:36

Repository Staff Only: item control page