“PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DALAM KREDIT MACET YANG DIAKIBATKAN OLEH KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT YANG MENGABAIKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN”

Nugraha Saputra, David and Prananingtyas, Paramita (2017) “PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA DALAM KREDIT MACET YANG DIAKIBATKAN OLEH KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT YANG MENGABAIKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN”. Masters thesis, Fakultas Hukum .

[img]
Preview
PDF
1081Kb

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengambil permasalahan bagaimana pengaturan mengenai pemberian kredit oleh Bank dan bagaimana pertanggungjawaban pidana berkenaan dengan kredit macet yang diakibatkan oleh keputusan pemberian kredit yang mengabaikan prinsip kehati-hatian berdasarkan Undang-Undang Perbankan yang berlaku di Indonesia saat ini. Dalam mencapai tujuan penelitian, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode Yuridis Normatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah kepustakaan baik secara hukum maupun teori yang dianalisis dan dideskripsikan untuk memberikan gambaran yang kongkrit. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan mengenai pemberian kredit oleh Bank dan bagaimana pertanggungjawaban pidana berkenaan dengan kredit macet yang diakibatkan oleh keputusan pemberian kredit yang mengabaikan prinsip kehati-hatian. Hasil penelitian dapat disimpulkan : 1. Hal-hal tentang pemberian kredit oleh bank diatur di dalam Undang-Undang No.7 Tahun 1992, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, yang terdapat di dalam pasal 2, 4, 8, 29 ayat dua 2) dan tiga (3), serta pasal 49 ayat dua (2) yang mana semuanya menekankan prinsip kehati-hatian di dalam menjalankan kegiatan usaha Bank terutama di dalam hal pemberian kredit. 2.Hal-hal tentang pertanggungjawaban pidana terhadap kredit macet diatur dalam pasal 49 ayat satu (1 ) a-c, dan ayat dua (2) a-b Undang-Undang No.7 Tahun 1992, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No.10 Tahun 1998 TentangPerbankan. Kata Kunci : Pertanggungjawaban pidana, Prinsip Kehati-hatian,

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Law
ID Code:61615
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Apr 2018 11:24
Last Modified:02 Apr 2018 11:24

Repository Staff Only: item control page