PENGEMBANGAN GABI (GAME ANDROID BAHASA INDONESIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA

Pramitasari, Afrinar and Aulia, Hanindya Restu (0002) PENGEMBANGAN GABI (GAME ANDROID BAHASA INDONESIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
402Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61566

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan MKU Bahasa Indonesia seringkali dianggap remeh oleh mahasiswa, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik dan dapat diterima oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangan media pembelajaran GABI (Game Android Bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research & development). Pengembangan prototipe game didasarkan pada analisis kebutuhan GABI yang diperoleh berdasarkan angket kebutuhan mahasiswa dan FGD dosen MKU Bahasa Indonesia Universitas Pekalongan. Hasil analisis kebutuhan GABI menjadi dasar untuk membuat dan mengembangan prototipe Game Android Bahasa Indonesia. Game dibuat melalui beberapa tahapan, yaitu perancangan, pembuatan prototipe game, uji ahli, dan revisi. Tahap perancangan meliputi pembuatan desain game. Pada tahap pembuatan, rancangan yang telah dibuat diwujudkan menjadi Prototipe Game Android Bahasa Indonesia. Selanjutnya produk tersebut divalidasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Pendapat dan saran dari validator dijadikan dasar untuk perbaikan game. Setelah game divalidasi dan direvisi, barulah GABI diujicobakan kepada calon pengguna. Kata kunci: pengembangan, game android, karya ilmiah, bahasa Indonesia

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:61566
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:28 Mar 2018 16:48
Last Modified:28 Mar 2018 16:48

Repository Staff Only: item control page