PENGENDALIAN KEBISINGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN PEREDAM DAN TITIK PENGUKURAN TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN DARI GENERATOR SET

Wijayati, Dinda Putri (2018) PENGENDALIAN KEBISINGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN PEREDAM DAN TITIK PENGUKURAN TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN DARI GENERATOR SET. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

Kebisingan menurut Sasongko dkk (2000) adalah bunyi yang tidak dikehendaki karena tidak sesuai dengan konteks ruang dan waktu sehingga dapat menimbulkan gangguan terhadap kenyamanan dan kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi bahan peredam glasswool, rockwool dan greenwool yang dipasangkan pada kotak peredam. Pengukuran dilakukan pada jarak 2 m dari sumber kebisingan dengan 5 titik pengukuran di sekitar kotak peredam yaitu pada titik pengukuran sisi kiri (A), titik pengukuran sisi depan (B), titik pengukuran sisi kanan (C), titik pengukuran sisi belakang (D), dan pada jarak 1,5 m dari kotak peredam untuk titik pengukuran sisi atas (E). Intensitas kebisingan diukur menggunakan Sound Level Meter. Berdasarkan hasil pengujian, mesin genset tanpa peredam menghasilkan intensitas dengan nilai kebisingan tertinggi senilai 74,51 dB(A) pada sisi (D). Setelah dipasang peredam, hasil penelitian menunjukan bahan peredam rockwool paling banyak meredam kebisingan dibandingkan kedua peredam lainnya. Rockwool meredam kebisingan dari nilai 61,35 dB(A) menjadi 54,50 dB(A) dengan nilai Transmission Loss sebesar 6,85 dB(A) pada titik pengukuran sisi depan (B) sehingga memenuhi baku mutu kebisingan untuk kegiatan sekolah sebesar 55 dB(A) (Kep. MenLH No.48 Tahun 1996).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:61561
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Mar 2018 14:36
Last Modified:28 Mar 2018 14:36

Repository Staff Only: item control page