UJI EFEKTIVITAS KOMBINASI PUPUK BIO-SLURRY DENGAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS PADI SAWAH (Oryza sativa L.)

KHANAFI, Ahmad and Yafizham, Yafizham and Widjajanto, Didik Wisnu (2018) UJI EFEKTIVITAS KOMBINASI PUPUK BIO-SLURRY DENGAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI DUA VARIETAS PADI SAWAH (Oryza sativa L.). Undergraduate thesis, Fakulty of Animal and Agricultral Sciences.

[img]
Preview
PDF
1316Kb
[img]
Preview
PDF
217Kb
[img]
Preview
PDF
646Kb
[img]
Preview
PDF
314Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

150Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1002Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2932Kb

Abstract

AHMAD KHANAFI. 23030113120025. 2018. Uji Efektivitas Kombinasi Pupuk Bio-slurry dengan Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Padi Sawah (Oryza sativa L.) (Pembimbing: YAFIZHAM DAN DIDIK WISNU WIDJAJANTO) Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh kombinasi pupuk bioslurry dengan pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan produksi dua varietas padi sawah. Penelitian dilaksanakan pada Maret – Juli 2017 di Lahan Persawahan Dusun Grogol, Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu benih padi IR-64 dan Ciherang, NPK 30-6-8, SP-36, KCl, dan pupuk bio-slurry. Peralatan yang digunakan adalah cangkul, ember, plastik, tangki semprot, meteran, timbangan (kapasitas 10 kg), timbangan analitik, spektrofotometer, kamera, dan alat tulis. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor dan diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah Kombinasi Pupuk, yaitu P : pupuk NPK 550 kg/ha, P : Pupuk bio-slurry 2,3 ton/ha dan pupuk NPK 400 kg/ha, P 3 2 = Pupuk bio-slurry 4,6 ton/ha dan pupuk NPK 250 kg/ha, P : Pupuk bio-slurry 5,9 ton/ha dan pupuk NPK 100 kg/ha, dan P : Pupuk bio-slurry 8,5 ton/ha. Faktor kedua adalah Varietas Padi, yaitu V 1 5 : IR-64 dan V : Ciherang. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah malai, bobot 1.000 butir gabah, dan produksi padi. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan uji wilayah berganda Duncan taraf signifikasi 5% digunakan untuk analisis lanjut pada perlakuan yang menunjukkan perbedaan. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perlakuan kombinasi pupuk bioslurry dengan pupuk NPK memberikan pengaruh nyata (p<0,05) terhadap semua parameter pengamatan, sedangkan untuk perlakuan varietas padi tidak memberikan pengaruh nyata (p< 0,05) terhadap semua parameter pengamatan. Aplikasi pupuk bio-slurry secara tunggal maupun kombinasi dengan pupuk NPK menunjukkan hasil yang sama dengan perlakuan pupuk NPK secara tunggal terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman padi. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa pupuk bio-slurry dapat menggantikan peran pupuk NPK pada pertanaman padi khususnya varietas IR-64 dan Ciherang yang dibudidayakan pada dataran rendah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:61521
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:23 Aug 2018 10:33
Last Modified:23 Aug 2018 10:33

Repository Staff Only: item control page