Hubungan Penerimaan Diri dengan Adversity Intelligence dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada Siswa Kelas XI SMA Mardisiswa Semarang

Angkat, Adinda Sholiha and Indriana, Yeniar (2018) Hubungan Penerimaan Diri dengan Adversity Intelligence dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada Siswa Kelas XI SMA Mardisiswa Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
302Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan adversity intelligence dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Mardisiswa Semarang. Adversity intelligence adalah kemampuan atau kecerdasan seseorang untuk dapat menghadapi tantangan hidup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Mardisiswa Semarang berjumlah 115 siswa. Sampel penelitian sebanyak 53 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala penerimaan diri (34 item valid; α = 0,923) dan skala adversity intelligence (31 item valid; α=0,909). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara penerimaan diri dengan adversity intelligence (r_(xy )= 0,882; p < 0,001). Hal ini menunjukkan semakin positif penerimaan diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula adversity intelligencenya. Sebaliknya, semakin negatif penerimaan diri siswa maka semakin rendah pula adversity intelligence dirinya. Penerimaan diri memberikan sumbangan efektif sebesar 77,7% dalam memengaruhi adversity intelligence. Kata kunci: penerimaan diri; adversity intelligence; Ujian Nasional Berbasis Komputer

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:61510
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2019 14:00
Last Modified:26 Feb 2019 14:00

Repository Staff Only: item control page