“HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA BOARDING SCHOOL PONDOK PESANTREN MUJJADDADIYAH KOTA MADIUN”

Purwito, Alfian and Amalia, Rahmandani (2018) “HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA BOARDING SCHOOL PONDOK PESANTREN MUJJADDADIYAH KOTA MADIUN”. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
216Kb

Abstract

Alfian Wahyu Abdi Purwito 15010112110116 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa boarding school Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Sebanyak 40 siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun diambil sebagai sampel uji coba skala dan 100 siswa sebagai subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial dengan skala kecerdasan emosional (30 aitem, α = 0,903) dan skala penyesuaian sosial (21 aitem, α = 0,855). Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik analisis regresi sederhana denganmenggunakan software pengolahan data SPSSWindows Release 20.00.Dari hasil analisa data diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,545 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa Pondok Pesantren Mujjaddadiyah Kota Madiun. Hal ini bermakna bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula penyesuaian sosial dan sebaliknya. Kecerdasan emosional member sumbangan efektif sebesar 29,7% terhadap penyesuaian sosial. Kata kunci: Penyesuaian sosial, kecerdasan emosional, siswa boarding school

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:61477
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2018 11:04
Last Modified:23 Mar 2018 11:04

Repository Staff Only: item control page