KOLOM WISATA PADA SKH KEDAULATAN RAKYAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS WACANA LOKAL (SEBUAH ALTERNATIF DESAIN KURIKULUM BERORIENTASI PADA MASYARAKAT)

Wijayanti, Dedi (2017) KOLOM WISATA PADA SKH KEDAULATAN RAKYAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS WACANA LOKAL (SEBUAH ALTERNATIF DESAIN KURIKULUM BERORIENTASI PADA MASYARAKAT). In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
487Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61443

Abstract

Sekolah sebagai institusi formal yang diyakini dapat membentuk karakter anak didiknya, dengan kearifan lokalnya mempergunakan berbagai macam teks atau wacana yang ada di sekitar wilayah tempat tinggalnya untuk dikemas ke dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran sebagai proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, menuntut peran guru untuk membangun interaksi secara penuh dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan. Salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan wacana lokal sekitar siswa untuk ‘dibawa’ ke kelas dan dikemas sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Harapannya dengan membawa wacana lokal sebagai media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas, siswa akan dapat belajar melalui mencari dan menganalisis fakta sebagai bahan untuk memecahkan masalah sehingga diharapkan perkembangan siswa tidak hanya terjadi dari segi intelektual saja tetapi seluruh aspek sikap, emosi, atau keterampilan juga ikut berkembang. Hal ini juga merupakan aplikasi dari desain kurikulum yang berorientasi kepada masyarakat dengan perspektif masa depan. Melalui pengetahuan dan konsep-konsep baru yang diperolehnya, diharapkan siswa dapat mengidentifikasikan dan memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat. Dengan demikian, kurikulum sekolah akan benar-benar memiliki nilai untuk kehidupan masyarakat. Kata kunci: pembelajaran,wacana lokal, berorientasi masyarakat.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P118-118.75 Language acquisition
ID Code:61443
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:20 Mar 2018 22:00
Last Modified:20 Mar 2018 22:00

Repository Staff Only: item control page