MENGUAK LINGUISTIK PENDIDIKAN DALAMPEMBELAJARAN BAHASA

Suhardi, Suhardi (2017) MENGUAK LINGUISTIK PENDIDIKAN DALAMPEMBELAJARAN BAHASA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
308Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61441

Abstract

Linguistik pendidikan sebagai salah satu ilmu interdisiplin mengarah pada pengintegrasian dunia linguistik dan dunia pendidikan, khususnya dalam pengajaran, pembelajaran, dan perencanaan bahasa. Oleh sebab itu,linguistik pendidikan memiliki hubungan simbiotis dengan linguistik terapan, meski cakupan linguistik pendidikan lebih luas.Cakupan linguistik pendidikan, antara lain (1) terapan mikrolinguistik dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa; (2) struktur dan piranti wacana; (3) aspek linguistik dalam pembelajaran dan pengajaran empat keterampilan berbahasa; (4) data linguistik dalam penelitian pengajaran dan pembelajaran bahasa; (5) analisis kontrastif linguistik dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa; (6) variasi bahasa dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa; dan (7) perencanaan dan politik bahasa dalam pengembangan dan pembinaan bahasa. Jadi, komponen yang tercakup dalam linguistik pendidikan, yakni pengajaran bahasa, pembelajaran bahasa, pemerolehan bahasa, pendidikan bahasa, politik bahasa, dan perencanaan bahasa. Termasuk pula masalah data linguistik dan hasil analisis bahasa yang dimanfaatkan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P118-118.75 Language acquisition
ID Code:61441
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2018 21:21
Last Modified:20 Mar 2018 21:21

Repository Staff Only: item control page