PERAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DALAM PRODUKSI UJARAN (PENDEKATAN EKSPERIMENTAL UNTUK PENELITIAN KEBAHASAAN)

Ningsih, Tri Wahyu Retno and Saptono, Debyo (2017) PERAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DALAM PRODUKSI UJARAN (PENDEKATAN EKSPERIMENTAL UNTUK PENELITIAN KEBAHASAAN). In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
772Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/61440

Abstract

Penelitian bunyi bahasa sebagai realitas fisik dan akustik dapat diamati dalam sebuah bahasa. Secara lebih khusus, realitas fisik akustik bunyi diteliti dalam fonetik akustik dan lebih banyak berhubungan dengan ilmu fisika. Fitur-fitur yang dianalisis terdiri atas frekuensi fundamental (F0), tekanan, pola kontur, dan durasi yang diklasifikasikan sebagai bagian dari kajian unsur suprasegmental. Unsur-unsur suprasegmental yang terkait dengan produksi ujaran dapat dilacak berdasarkan nilai kenyaringan (loudness), tempo (speed), durasi (duration/length), tekanan (stress), ritme (rhythm) dan tinggi rendah bunyi (pitch). Setiap fitur fonetik tersebut berhubungan satu sama lain untuk menguraikan sesuatu bunyi yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti produksi bunyi ujaran penutur dan fokus tuturan berdasarkan analisis fonetik akustik. Pendekatan eksperimental dengan memanfaatkan program komputer PRAAT, yang didesain oleh Boersma dan Weenink (2001). digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis fonetik akustik atau NLP dapat digunakan untuk menguji kemampuan penutur dalam menentukan fokus tuturan. Melalui analisis fonetik eksperimental dapat dibuktikan bahwa penutur yang menjadi objek penelitian mempunyai kecenderungan untuk memproduksi ujaran dengan pola deklaratif, yakni membuat penurunan nada pada akhir ujaran. Hal ini menunjukkan bahwa penutur telah mempunyai pengetahuan kebahasaan yang baik dalam menentukan fokus tuturan karena sesuai dengan sasaran penelitian. Kata kunci: Natural language processing (NLP), fonetik akustik, ujaran, pendekatan eksperimental.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P118-118.75 Language acquisition
ID Code:61440
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2018 21:12
Last Modified:20 Mar 2018 21:12

Repository Staff Only: item control page