ANALISIS KUALITAS PELAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON SEMARANG SELATAN (Studi Kasus Konsumen Rumah Tangga Listrik Prabayar)

Hapsari, Puspaningrum (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN LISTRIK PRABAYAR PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON SEMARANG SELATAN (Studi Kasus Konsumen Rumah Tangga Listrik Prabayar). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
572Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
590Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
681Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

653Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
306Kb

Abstract

Masyarakat dewasa ini sangat membutuhkan segala sesuatu menjadi lebih mudah. Teknologi adalah jantung dari segala kegiatan saat ini. Menyikapi tuntutan tersebut, PT. PLN (Persero) mengembangkan suatu produk layanan berbasis teknologi informasi yang disebut “Prabayar” atau “Listrik Prabayar”. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan (Listrik prabayar) PT. PLN (Persero) Semarang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan listrik prabayar yang mereka berikan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Unit analisis adalah masyarakat yang berlangganan dengan PLN khususnya pengguna listrik prabayar. Sampel dalam penelitian berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel keandalan (reliability) secara keseluruhan didapatkan rata – rata sebesar 3,3, maka variabel keandalan masuk kategori baik. Variabel daya tanggap (responsiveness) secara keseluruhan didapatkan rata – rata sebesar 2,5, maka variabel daya tanggap masuk dalam kategori cukup baik. Variabel jaminan (assurance) keseluruhan didapatkan rata – rata sebesar 3,3, maka variabel jaminan masuk kategori baik. Variabel empati (empathy) keseluruhan didapatkan rata – rata sebesar 3,3, maka variabel empati masuk dalam kategori baik. Variabel bukti fisik (tangible) keseluruhan didapatkan rata – rata sebesar 5, maka variabel bukti fisik masuk dalam kategori sangat baik. Tingkat kualitas pelayanan PT. PLN (Persero) Rayon Semarang Selatan berada pada persentase kualitas yang baik (berkualitas). Saran yang diajukan kepada perusahaan adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya mengenai komunikasi antara petugas dengan pelanggan dan kualitas kwh meter prabayar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Marketing
ID Code:61383
Deposited By:Mr/mrs Fisip Undip
Deposited On:20 Mar 2018 13:25
Last Modified:20 Mar 2018 13:25

Repository Staff Only: item control page