HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU BERPACARAN SEHAT PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KABUPATEN PEMALANG

Zahroh, Qonita and Rusmawati, Diana (2018) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU BERPACARAN SEHAT PADA REMAJA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
230Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan perilaku berpacaran yang sehat pada remaja di Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Pacaran sehat adalah upaya pengenalan karakter seseorang yang dicintai untuk menemukan kesesuaian atau tidak kesesuaian menjadi pasangan hidup sesuai ajaran Islam. Religiusitas mencakup pengetahuan, keyakinan, penghayatan, pelaksanaan ibadah dan perilaku individu yang diamalkan secara sadar. Religiusitas yang dimiliki remaja memiliki pengaruh terhadap pengendalian diri sehingga remaja akan cenderung menjunjung tinggi nilai dan norma agama serta mencegah terjadinya tindakan amoral. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 kelas (1144 siswa) dengan sampel penelitian sebanyak 8 kelas (282 siswa). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala religiusitas (22 aitem, α=0.867) dan perilaku berpacaran sehat (31 aitem, α=0.827). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara religiusitas dengan perilaku berpacaran sehat sebesar r=0.242; dengan p=0.000 (p>0,01). Religiusitas memberikan sumbangan efektif sebesar 5.8% terhadap perilaku berpacaran sehat pada remaja MAN.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:61374
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2018 09:14
Last Modified:20 Mar 2018 09:14

Repository Staff Only: item control page