KEMAMPUAN BERTINDAK TUTUR DIREKTIF DANMEMBERIKAN RESPON MENOLAK DALAM BAHASA INGGRIS SISWA-SISWI TK MONDIAL BERDASARKAN GENDER, ETNIS DAN SUKU

Swastika, Agnesia Arum (2018) KEMAMPUAN BERTINDAK TUTUR DIREKTIF DANMEMBERIKAN RESPON MENOLAK DALAM BAHASA INGGRIS SISWA-SISWI TK MONDIAL BERDASARKAN GENDER, ETNIS DAN SUKU. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (front cover, Chapter I-V, Reference,)
3100Kb
[img]PDF (attachement)
Restricted to Repository staff only

3099Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana kemampuan berbahasa Inggris siswa-siswi TK Mondial Semarang dalam menggunakan tindak tutur direktif serta respon menolak berdasarkan gender dan etnis (China) dan suku (Jawa). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data. Data-data yang dikumpulkan adalah data yang berbentuk percakapan yang mengandung tindak tutur direktif (TTD) dan juga respon menolak yang dilakukan oleh anak. Tahap kedua adalah analisis data. Analisis tersebut dilakukan dengan memisahkan data percakapan tersebut berdasarkan gender serta etnis/ suku penutur. Setelah itu, data dianalisis dengan menggunakan teori TTD (Allan 1986:199), teori respon menolak (Beebe, Takahashi, & Ulis-Weltz 1990:154), serta teori elaborated code dan restricted code (Bernstein 1971:46). Tahap terakhir dari penelitian ini adalah penyajian hasil analisis data. Pada penelitian ini data disajikan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan mampu memproduksi TTD dan respon menolak dengan variasi jenis serta subjenis yang lebih banyak daripada anak laki-laki. Pada anak beretnis China, mereka memiliki kemampuan untuk memproduksi subjenis TTD lebih sedikit daripada anak bersuku Jawa, namun mereka mampu menghasilkan kalimat dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Berbeda dengan anak bersuku Jawa, mereka mampu menghasilkan menghasilkan subjenis TTD yang lebih banyak, namun masih memiliki kemampuan yang kurang dalam berbahasa Inggris. Oleh sebab itu, anak beretnis China tergolong ke dalam elaborated code dan anak bersuku Jawa tergolong ke dalam restricted code.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Advisor: Y. Herudjati Purwoko, M.Sc.,Ph.D
Uncontrolled Keywords:tindak tutur direktif, kompetensi, gender, elaborated code, restricted code
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:61263
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Mar 2018 12:09
Last Modified:15 Mar 2018 12:09

Repository Staff Only: item control page