IRONI KAWIN DAN KARIER DALAM NOVEL A VERY YUPPY WEDDING KARYA IKA NATASSA SEBUAH KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS EKSISTENSIALIS

Santi Putri, Damayanti (2018) IRONI KAWIN DAN KARIER DALAM NOVEL A VERY YUPPY WEDDING KARYA IKA NATASSA SEBUAH KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS EKSISTENSIALIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
182Kb

Abstract

Damayanti, Santi Putri. 2018. “Ironi Kawin dan Karier dalam Novel A Very Yuppy Wedding Karya Ika Natassa Sebuah Kajian Kritik Sastra Feminis Eksistensialis”. Skripsi Program Strata I Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing I Laura Andri R.M., S.S. M.A., Pembimbing II Khothibul Umam S.S, M,Hum. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana tokoh utama mampu berkeinginan mengangkat eksistensinya sebagai perempuan dengan tetap berkarier meskipun harus menikah. Pernikahan yang terjadi membuat dirinya semakin berpotensi untuk mengembangkan karier. Objek dalam penelitian ini adalah novel A Very Yuppy Wedding karya Ika Natassa. Teori yang digunakan adalah teori struktural sebagai penunjang dalam mengetahui tokoh dan penokohan serta teori feminis eksistensialis dari Simone De Beauvoir sebagai dasar utama untuk mengetahui eksistensi seorang perempuan dalam diri tokoh utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data-data kualitatif dan juga menggunakan pendekatan ilmu kritik sastra feminisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel AVYW adalah seorang perempuan bernama Andrea dan juga memiliki tokoh tambahan yaitu Adjie, Bu Karen, Ajeng, Tania, Radit dan Firman. Andrea mampu mencapai eksistensinya sebagai perempuan dengan melakukan empat transendensi yaitu Perempuan Intelektual, Perempuan Bekerja, Bekerja untuk Mencapai Transformasi Sosial, Perempuan Menjadi Subjek dan Menolak Ke-Liyan-nya serta mendapat pengakuan dari sang Diri atas tercapainya eksistensi sang Liyan. Andrea membuktikan bahwa meskipun ia menikah, hal tersebut tidak menutup kesempatannya untuk berkarier. Kata kunci: Perempuan, Karier, Pernikahan, Feminis eksistensialis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Indonesian
ID Code:61172
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:05 Mar 2018 11:48
Last Modified:05 Mar 2018 11:48

Repository Staff Only: item control page