MULYANTORO, NUGROHO (2005) EVALUASI TARIF ANGKUTAN UMUM YANG MELAYANI TRAYEK PINGGIRAN-PUSAT KOTA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
| PDF 195Kb |
Abstract
Kota Semarang berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Peningkatan jumlah penduduk di Kota Semarang menyebabkan semakin terbatasnya lahan di pusat kota, sehingga Kota Semarang cenderung berkembang ke wilayah pinggiran. Perkembangan wilayah pinggiran ini menuntut penyediaan sarana dan prasarana transportasi yang mampu mendukung pergerakan komuter penduduk pinggiran menuju pusat kota. Dengan semakin berkembangnya daerah pinggiran dan masih tingginya ketergantungan wilayah pinggiran dengan pusat kota menyebabkan pergerakan wilayah pinggiran-pusat kota semakin meningkat. Pergerakan komuter dari pinggiran menuju pusat kota atau sebaliknya, didominasi oleh kendaraan pribadi. Tingginya kepemilikan dan penggunaan kendaraan pribadi dalam pergerakan penduduk harus diimbangi dengan penyediaan dan peningkatan pelayanan jaringan jalan. Tetapi dengan terbatasnya lahan di perkotaan penambahan jaringan jalan sulit untuk dilakukan. Usaha lain yang dapat dilakukan adalah dengan penyediaan angkutan umum, dikarenakan angkutan umum bersifat massal, dengan kapasitas angkut yang lebih banyak dibandingkan kendaraan pribadi. Diharapkan dengan penggunaan angkutan umum mampu mengurangi volume lalu lintas dan tingkat pelayanan angkutan umum yang baik akan mampu mengurangi kecenderungan pengguna jalan untuk menggunakan kendaraan pribadi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning |
ID Code: | 6117 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 29 Jan 2010 17:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2010 17:06 |
Repository Staff Only: item control page