HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DAN STRES AKADEMIK PADA ANGGOTA ORGANISASI MAHASISWA PECINTA ALAM (MAPALA) DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Prasetyawan, Ardhi Budi and Ariati, Jati (2018) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DAN STRES AKADEMIK PADA ANGGOTA ORGANISASI MAHASISWA PECINTA ALAM (MAPALA) DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
81Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Intelligence dan stres akademik pada mahasiswa yang menjadi anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah sampel penelitian adalah 110 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek penelitian berusia antara 18-24 tahun yang terdiri dari 53% laki-laki dan 47% perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Stres Akademik (42 aitem, α = .92), dan Skala Adversity Intelligence (20 aitem, α = .87). Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi parametrik product moment yang dibantu dengan program SPSS ver.21.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara Adversity Intelligence dan stres akademik pada anggota organisasi Pecinta Alam (Mapala) di Universitas Diponegoro Semarang dengan koefisien korelasi r_xy= -.556 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Adversity Intelligence yang tinggi mahasiswa dapat mengatasi situasi sulitnya sehingga stres akademik cenderung rendah. Adversity Intelligence memberikan sumbangan efektif sebesar 30,9 % pada stres akademik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:61139
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Mar 2018 09:01
Last Modified:02 Mar 2018 09:01

Repository Staff Only: item control page