Perencanaan Struktur Gedung Laboratorium Oceanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Tembalang Semarang

Parama , Thayaalan and Nur , Aeni Erma S (2018) Perencanaan Struktur Gedung Laboratorium Oceanografi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Tembalang Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
198b

Abstract

Perencanaan struktur gedung yang berada di wilayah rawan gempa harus direncanakan dengan baik, kuat, dan tahan terhadap beban gempa agar tidak terjadi kegagalan struktur yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, dilakukan desain ulang pada Struktur Gedung Rawat Inap RSUD Kabupaten Temanggung ini dengan mengacu pada SNI 03-2847-2013 mengenai perencanaan struktur beton untuk bangunan gedung dan SNI 03-1726-2002 mengenai perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung.Perencanaan Struktur Gedung Rawat Inap RSUD Kabupaten Temanggung ini meliputi perencanaan struktur atas dan struktur bawah. Perencanaan struktur atas, meliputi perencanaan pelat, balok, kolom, dinding geser yang dibantu dengan menggunakan program SAP2000 untuk analisa gaya dalam yang bekerja pada struktur. Sedangkan, perencanaan struktur bawah, meliputi perencanaan pondasi sumuran yang dilakukan secara manual. Pembebanan yang ditinjau untuk perencanaan elemen struktur adalah beban mati, beban hidup dan beban gempa, dimana beban gempa dihitung dengan menggunakan metode analisis dinamik spektrum respons gempa.Pada Tugas Akhir ini, Perencanaan Struktur Gedung Rawat Inap RSUD Kabupaten Temanggung yang terdiri dari 8 lantai ini terbuat dari beton bertulang dan menggunakan Sistem Ganda yang merupakan kombinasi antara dinding geser beton bertulang khusus dan rangka pemikul momen khusus. Keduanya berfungsi untuk menahan gaya lateral yang terjadi akibat beban gempa. Rangka Pemikul Momen Khusus merupakan portal kolom-balok yang direncanakan menggunakan konsep strong column weak beam dimana membuat perencanaan kolom lebih kuat dari balok.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:61085
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Feb 2018 10:25
Last Modified:28 Feb 2018 10:25

Repository Staff Only: item control page