PERENCANAAN JEMBATAN SLAB ON PILE PADA PROYEK JALAN TOL BALIKPAPAN SAMARINDA (KM. 13 BALIKPAPAN – KM. 38 SAMBOJA) SEGMEN 1

INTAN , DENADA PUTRI and TEGUH , SETYO PURWANTO (2018) PERENCANAAN JEMBATAN SLAB ON PILE PADA PROYEK JALAN TOL BALIKPAPAN SAMARINDA (KM. 13 BALIKPAPAN – KM. 38 SAMBOJA) SEGMEN 1. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
202b

Abstract

Perkembangan teknologi jembatan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat, salah satunya adalah metode slab on pile. Metode slab on pile ini menjadi salah satu solusi yang cukup efektif yang digunakan untuk pemecahan masalah, seperti penggunaan design slab on pile pada perencanaan struktur jembatan pada Proyek Jalan Tol Balikpapan Samarinda (Km. 13 Balikpapan – Km. 38 Sombaja) segmen 1. Penggunaan desain slab on pile ini dikarenakan tanah di sekitar proyek yang rawan mengalami kelongsoran yang akan berakibat fatal terhadap konstruksi jembatan. Oleh karena itu selain menggunakan design slab on pile, desain jembatan ini juga dibagi menjadi segmen-segmen untuk menghindari kerusakan yang menyeluruh pada tubuh jembatan ketika terjadi longsoran dan kemungkinan kerusakan akibat terjadinya gempa. Perencanaan jembatan meliputi perencanaan balok, tiang pancang, pelat, pile head dan analisis awal dengan bantuan software SAP2000 untuk mengetahui gaya dalam yang terjadi pada struktur jembatan dan perilaku struktur terhadap beban gempa yang terjadi. Untuk sistem pondasi yang digunakan pada jembatan slab on pile ini adalah tiang pancang dengan tumpuan pegas dimana fungsi dari tumpuan spring atau pegas adalah mewakili sifat dari tanah. Perencanaan struktur jembatan baik pembebanan, analisis beban gempa, perencanaan struktur menggunakan peraturan-peraturan SNI terbaru khusus untuk jembatan. Dalam tugas akhir ini juga menganalisis kestabilan tanah di sekitar lokasi proyek jembatan slab on pile yang ditunjukkan dengan angka keamanan FS dengan dukungan data N-SPT hasil dari test boring di beberapa lokasi proyek. Analisis kestabilan tanah mengambil satu lokasi yaitu di STA 3+875 dimana merupakan salah satu lokasi yang rawan longsor, sedangkan analisisnya sendiri menggunakan bantuan software PLAXIS 8.2.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:61077
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Feb 2018 09:46
Last Modified:28 Feb 2018 09:46

Repository Staff Only: item control page