Transformasional Leadership Dalam Meningkatkan Perilaku Edukatif Perawat Dalam Pelayanan

Elmonita, Yudhanoorsanti and Dwiantoro, Luky (2017) Transformasional Leadership Dalam Meningkatkan Perilaku Edukatif Perawat Dalam Pelayanan. In: Seminar Nasional Keperawatan dan Call for papper : Pengembangan Intervensi Keperawatan Berfokus Kepada Pasien, 25 November 2017, Gd. Serbaguna Lt.3 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
228Kb

Abstract

Peran perawat selain melakukan asuhan keperawatan juga sebagai pendidik, advokad, koordinator, kolaborator, konsultan, dan pembaharu. Edukasi yang diberikan kepada pasien saat pelayanan akan meningkatkan keselamatan pasien . Berdasarkan fenomena yang ada, perilaku edukatif perawat belum optimal dilakukan. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan mutu pelayanan. Peningkatan edukasi kepada pasien dapat dilakukan melalui transformasional leadership. Saat ini di Indonesia, esensi kepemimpinan transformasional masih belum dilaksanakan oleh setiap pemimpin di organisasi. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui solusi tepat dalam peningkatan perilaku edukatif perawat dalam pelayanan melalui transformasi leadership. Artikel ini menggunakan design penelitian literatur review yakni peneliti mengulas, merangkum, dan menuliskan pemikiran beberapa pustaka seperti artikel, buku, dan undang-undang. Hasil yang didapatkan bahwa kepemimpinan transformasional leadership dapat menjadi solusi meningkatkan perilaku edukatif perawat dalam pelayanan melalui kepemimpinan Karismatik, Inspiratif, Memiliki rangsangan intelektual dan pertimbangan yang diindividualkan. Kepemimpinan karismatik yakni perawat manajer harus mampu menyampaikan visinya dengan jelas untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. Kepemimpinan inspiratif yakni pemimpin mampu menyampaikan harapan tinggi berkaitan mutu pelayanan dan menginspirasi perawat lain. Kepemimpinan yang memiliki rangsangan intelektual yakni mampu memotivasi, memberi dukungan perawat lain berbicara serta memberi kesempatan mengikuti pelatihan dan menerapkan metode edukasi yang tepat. Pemimpin memiliki pertimbangan yang diindividualkan yakni seperti memberi reward sesuai prestasi individu perawat. Melalui kepemimpinan transformasi maka dapat meningkatkan perilaku edukatif perawat dalam pelayanan di rumah sakit. Kata kunci : kepemimpinan transformasional, perilaku edukatif, pelayanan keperawatan

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:61033
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Jan 2019 10:00
Last Modified:04 Jan 2019 10:00

Repository Staff Only: item control page