Model Kognitif Sosial Bandura Dalam Metode Preceptorship: Literatur Review

Widodo, Yessy Pramita and Anggorowati, Anggorowati (2017) Model Kognitif Sosial Bandura Dalam Metode Preceptorship: Literatur Review. In: Seminar Nasional Keperawatan dan Call for papper : Pengembangan Intervensi Keperawatan Berfokus Kepada Pasien, 25 November 2017, Gd. Serbaguna Lt.3 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
206Kb

Abstract

Pendahuluan : Pembelajaran klinik membutuhkan metode yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu pembelajaran klinik yang efektif yang dapat dilakukan adalah dengan preceptorship. Pembimbing klinik memfasilitasi proses belajar dengan memberi kesempatan bagi peserta didik melalui suatu tindakan keperawatan yang mana dapat menumbuhkan rasa percaya diri, berkompeten dan berfokus kepada kebutuhan peserta didik melalui proses belajar. penerapan model kognitif sosial bandura dalam preceptorship terhadap peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan seorang preceptor dengan cara memberi contoh (role model) dalam mengaplikasikan proses bimbingan kepada preseptee (peserta didik) dan agar peserta didik dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan berkompeten dalam melakukan tindakan keperawatan Metode : Metode yang digunakan dalam proses pencarian melalui website untuk artikel keperawatan, EBSCO, PubMeds, ScienceDirect. Kata Kunci : Preceptorship, Model Kognitif Sosial Bandura. Hasil : Seorang perseptor harus memiliki kemampuan Knowladge, Competency, Skill In Clinical Teaching, Interpersonal Relationship With Student dalam mendidik siswa di pelayanan kesehatan. Penerapan perseptor melalu metode pembelajaran kognitif Bandura menekankan pada empat poin yang diperoleh antara lain yaitu Poin pertama, peserta didik aktif mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh perseptor, Poin kedua, mengasah kemampuan kinerja ilmiah siswa, Poin ketiga, meningkatnya interaksi antar siswa dengan pembimbing klinik, Poin keempat, terbukti bahwa Skill peserta didik dapat meningkat sebagai akibat dari pengaruh model pembelajaran Bandura Kesimpulan : Penerapan model kognitif bandura sangat sesuai untuk diterapkan kepada peserta didik karena perseptor dituntut sebagai Role Model kepada peserta didik. Peserta didik juga dituntut untuk aktif dalam melakukan tindakan keperawatan sehingga peserta didik lebih memahami teori dan tindakan yang dipelajari di klinik sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap capaian siswa dalam belajar di klinik. Kata kunci : Preceptorship, Model Kognitif Sosial Bandura, Peserta Didik, Pelayanan Kesehatan

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:61031
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2018 14:46
Last Modified:26 Feb 2018 14:46

Repository Staff Only: item control page