Husain, Fida’ and Santoso, Agus (2017) Peningkatan Mutu Pelayanan Keperawatan Melalui Peningkatan Pendidikan Perawat SPK. In: Seminar Nasional Keperawatan dan Call for papper : Pengembangan Intervensi Keperawatan Berfokus Kepada Pasien, 25 November 2017, Gd. Serbaguna Lt.3 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
| PDF 219Kb |
Abstract
Pendahuluan : Perawat di Indonesia jumlahnya paling banyak bila dibandingkan dengan tenaga kesehatan lainnya, yaitu 309.017 orang yang terdata di BPPSDMK Kemenkes RI tahun 2016. Akan tetapi dari jumlah yang terdata tersebut, perawat dengan pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) masih sebanyak 6,2%. Tujuan : mengetahui gambaran upaya yang dilakukan pemerintah dan organisasi profesi dalam meningkatkan pendidikan perawat SPK. Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu studi literatur melalui pencarian sumber di perpustakaan dan mesin pencari google scholar dengan kata kunci perawat SPK, peran kepemimpinan, peraturan pemerintah, dan rekognisi pembelajaran lampau. Hasil dan pembahasan : Upaya yang dilakukan pemerintah dan organisasi profesi dalam meningkatkan pendidikan perawat SPK antara lain membuat standar kompetensi perawat Indonesia yang mengacu pada KKNI, mewacanakan lahirnya Universitas Terbuka bagi perawat SPK, dan mengeluarkan regulasi terkait percepatan peningkatan pendidikan perawat SPK melalui rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Kesimpulan : Kebijakan pemerintah terkait RPL perlu menjadi perhatian dan pertimbangan terkait peningkatan pendidikan dan kompetensi bagi perawat SPK sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Kata kunci: kepemimpinan, peningkatan pendidikan, perawat SPK, rekognisi pembelajaran lampau
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing |
ID Code: | 60985 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 23 Feb 2018 09:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2018 09:25 |
Repository Staff Only: item control page