Wisnu , Dwi S and Rani , Wijayanti (2013) " Perencanaan Penggantian Jembatan Mider III Wonogiri ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Plain Text 109b |
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan kepadatan lalu lintas yang melintasi ruas jalan Ngadirojo Biting maka pemerintah Propinsi Jawa Tengah berencana memperbaharui Jembatan Mider III . Hal ini dikarenakan Jembatan tersebut telah melewati umur rencana serta Wonogiri merupakan daerah yang sedang berkembang dan posisinya yang strategis yaitu menghubungkan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah dengan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur . Pengantian Jembatan Mider III yang akan dibangun ini merupakan jembatan beton prategang dengan panjang 50 meter. Jembatan ini terdiri dari dua bentang yang dibatasi oleh satu pilar dan dua abutment. Jembatan dengan lebar 9,7 m ini terbagi menjadi 2 lajur lalu lintas dengan masing – masing lebar lajur lalu lintas 3,5 m dan lebar masing - masing trotoar pada sisi kanan dan kiri jembatan 1,0 m. Konstruksi atas jembatan meliputi pelat lantai jembatan dari beton bertulang dan gelagarnya menggunakan beton prategang tipe I dengan tinggi (H) 1600 mm yang berjumlah 10 buah. Konstruksi bawah meliputi abutment dari beton bertulang dengan bentuk pangkal tembok kontrafort dan pilar dari beton bertulang dengan penampang persegi berukuran 3 m x 3 m. Pondasi menggunakan Pondasi Sumuran berdiameter 3,5 meter untuk abutment dan 5 meter untuk pilar. Kedalaman Pondasi Sumuran pada abutment adalah 5 m dan kedalaman pondasi sumuran pada pilar adalah 7 m . Dalam perencanaan jembatan Mider III ini direncanakan pula jalan pendekat atau oprit jembatan dengan panjang masing – masing untuk oprit ke arah Wonogiri maupun oprit ke arah Ponorogo adalah 125 m. Pada oprit jembatan direncanakan menggunakan perkerasan fleksibel dengan tebal laston 100 mm, lapis pondasi bawah menggunakan agregat kelas A dengan tebal 200 mm dan lapis pondasi bawah menggunakan sirtu kelas A dengan tebal 400 mm. Berdasarkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan jalan Tambakboyo memerlukan biaya sebesar Rp 5.063.827.000,00 (Lima milyar enam puluh tiga juta delapan ratus dua puluh tujuh ribu rupiah) dengan PPN 10% sebesar Rp 506.382.700,00 (Lima Ratus enam juta tiga ratus delapan puluh dua ribu tujuh ratus rupiah ) sedangkan untuk waktu pelaksanaan pembangunan diselesaikan selama 34 minggu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 60960 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 22 Feb 2018 09:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 09:28 |
Repository Staff Only: item control page