" PERANCANGAN CHECK DAM PRAMUKA UNTUK MENGATASI SEDIMENTASI DI BANJIR KANAL BARAT KOTA SEMARANG "

Susi, lowati and Langlang, Adi Pratama (2013) " PERANCANGAN CHECK DAM PRAMUKA UNTUK MENGATASI SEDIMENTASI DI BANJIR KANAL BARAT KOTA SEMARANG ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
165b

Abstract

Banjir Kanal Barat merupakan salah satu infrastruktur pengendali banjir yang dibangun untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Semarang. Fungsi tersebut harus dijaga agar tetap sesuai dengan fungsinya. Rehabilitasi Banjir Kanal Barat telah dilakukan untuk menaikan kapasitas angkut aliran banjir yang berkurang akibat sedimentasi. Sedimentasi ini disebabkan oleh terjadinya erosi dibagian hulu DAS Garang. Banguna Pengendalu Sedimen yang berupa check dam perlu dibangun di bagian hulu sungai untuk mengendalikan kemiringan dasar. Tujuan kajian ini adalah untuk mendesain bangunan pengendali sedimen agar dapat mengurangi sedimentasi di sungai bagian hilir yang menyebabkan berkurangnya kapasitas Banjir Kanal Barat dan menyebabkan air banjir tidak dapat tertampung lagi sehingga terjadi banjir. Serta dengan adanya check dam ini diharapkan bisa mengatasi gerusan di jembatan pramuka, agar pilar jembatan dapat terlindungi. Analisis Hidrologi untuk menghitung debit banjir menggunakan bantuan perangkat lunak HECHMS dengan hidrograf satuan sintetik dari SCS ( Soil Conservation Service ) dalam periode ulang 100 tahun. Debit banjir 100 tahun dilokasi sebesar 386.9 m3/detik. Analisis erosi menggunakan metode USLE (Universal Soil Losses Equation) didapatkan nilai erosi sebesar 1.85 mm/th (32.01 ton/ha/th). Dari hasil analisis erosi didapatkan nilai sedimentasi dengan rumus dari suripin(2004) sebesar 2.677 ton/h/th. Lokasi check dam yang akan dibangun di hilir jembatan Pramuka, Pudak Payung, Semarang. Dengan hasil analisis hidrologi yang didapatkan tersebut dilakukan perencanaan check dam dengan fisik seperti berikut: elevasi puncak mercu pelimpah main dam +283,65 dengan tinggi efektif sebesar 4 m dan kedalaman pondasi sebesar 2,2 m elevasi +277,45, lebar mercu pelimpah main dam didapatkan selebar 50 m, dengan debit (Q) rencana periode ulang 100 tahun sebesar 386,094 m3/dtk, tinggi sayap main dam sebesar 3,45 m dengan tinggi jagaan sebesar 0,8 m, konstruksi main dam adalah pasangan batu kali, elevasi puncak mercu pelimpah sub dam +281,65 dengan tinggi mercu sebesar 2 m dan kedalaman pondasi sebesar 1,5 m, tinggi sayap sub dam sebesar 2,9 m dengan tinggi jagaan sebesar 0,8 m, konstruksi sub dam berupa pasangan batu kali, dengan ketebalan sebesar 1 m, konstruksi lantai lindung berupa pasangan batu kosong. Maksud pembangunan check dam ini adalah untuk memperkecil kemiringan dasar sungai sehingga kecepatan air bisa menurun dan kapasitas angkut material dasar sungai dapat terkurangi, akibatnya tingkat kecepatan sedimentasi di Banjir Kanal Barat dapat berkurang sehingga mengurangi biaya rutin pengerukan sedimen berkurang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60955
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Feb 2018 09:11
Last Modified:22 Feb 2018 09:11

Repository Staff Only: item control page