" Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah pada Ruas Jalan Sultan Agung-Sisingamangaraja-Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas "

Pramana, sari and Nurul , Qomariyah (2013) " Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah pada Ruas Jalan Sultan Agung-Sisingamangaraja-Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
218b

Abstract

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat pertumbuhan dan mobilisasi penduduk yang tinggi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan kendaraan di Kota Semarang yang terus meningkat yang berdampak pada penumpukan kendaraan di suatu ruas jalan tertentu, seperti pada ruas Jalan Dr. Wahidin dan Jalan Sultan Agung. Hal ini menandakan bahwa pada ruas jalan terjadi kepadatan lalu lintas yang tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan di tahun mendatang peningkatan dapat terjadi kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja ruas jalan dan simpang serta mencari solusi penyebaran lalu lintas yang efisien dengan merencanakan dua skenario manajemen lalu lintas sistem satu arah. Penelitian ini didahului dengan melakukan kajian pustaka dan survei pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui traffic counting, observasi, dan pengukuran terkait. Analisis kinerja ruas dan simpang pada kondisi eksisting dan skenario rencana menggunakan MKJI 1997. Dari hasil perbandingan kinerja antara kondisi eksisting dengan dua skenario yaitu skenario 1 (ruas Jl.Dr.Wahidin, Jl.Sisingamangaraja, dan Jl.Sultan Agung diberlakukan sistem satu arah) dan skenario 2 (ruas Jl.Dr.Wahidin, Jl.Sisingamangaraja, dan Jl.Sultan Agung diberlakukan sistem satu arah dengan contra flow pada ruas Jl. Dr.Wahidin dan Jl.Sultan Agung) didapatkan bahwa skenario terbaik adalah skenario 1. Skenario 1 dapat menjadikan nilai DS pada Jalan Sultan Agung menjadi menurun sebesar 0,21-0,33 dan Jalan Dr.Wahidin sebesar 0,33-0,48. Serta setelah dibandingkan dengan metode scoring, skenario 1 memperoleh skor tertinggi untuk ruas jalan dan simpang. Oleh karena itu, skenario 1 dapat direkomendasikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60926
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2018 15:29
Last Modified:21 Feb 2018 15:29

Repository Staff Only: item control page