" EVALUASI DAN PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG "

Madonas , Madonas and Muhammad , Khalif (2013) " EVALUASI DAN PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
165b

Abstract

Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang adalah salah satu bandara terbesar yang ada di Jawa Tengah dengan jumlah keberangkatan dari tahun 2006 sampai tahun 2010 sebesar 3.838.868 penumpang, pertumbuhan rata-rata keberangkatan penumpangnya sebesar 9,7% pertahun. Permasalahan yang muncul dari peningkatan penumpang yaitu kurang terpenuhinya pelayanan pada terminal penumpang bandara, khususnya pelayanan pada ruang tunggu keberangkatan. analisis menurut standar peraturan direktur jenderal perhubungan udara tahun 2005, kondisi eksisting diperlukan penambahan luas ruang tunggu keberangkatan sebesar 649,9 m2, sedangkan jumlah tempat duduk kondisi eksisting sebanyak 315 masih mampu memberikan pelayanan yang baik. Pengembangan masterplan phase I untuk tahun 2017 luas ruang tunggu keberangkatan yang diperlukan sebesar 1613,34 m2 dengan jumlah tempat duduk sebanyak 367 unit. Pengembangan masterplan phase II untuk tahun 2027 luas ruang tunggu keberangkatan yang diperlukan sebesar 2009,34 m2 dengan jumlah tempat duduk uang diperlukan sebanyak 457 unit. Analisis komulatif maksimum 490 penumpang, maka diperlukan penambahan tempat duduk sebesar 178 unit dan penambahan luas ruangan ruang tunggu sebesar 781,42 m2 agar pelayanan terpenuhi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60922
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2018 15:02
Last Modified:21 Feb 2018 15:02

Repository Staff Only: item control page