" Perancangan Jalan Layang Akses Terminal A Mangkang, Semarang "

Kuncoro , Adhi Iswanto (2013) " Perancangan Jalan Layang Akses Terminal A Mangkang, Semarang ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
100b

Abstract

Kepadatan lalu lintas di ruas jalan Walisongo yang semakin meningkat, ditambah semakin padatnya lalu lintas kendaraan yang keluar masuk terminal A Mangkang memicu meningkatnya tundaan lalu-lintas, sehingga perlu gagasan untuk mengurangi tundaan dengan pembangunan jalan layang sebagai akses keluar/ masuk terminal Mangkang. Pembangunan jalan layang direncanakan menggunakan beton bertulang dan dibangun pada pintu masuk dan keluar terminal A Mangkang. Jalan layang ini direncanakan dengan bentang 52 m, dibatasi oleh dua abutment. Jalan layang dengan lebar 9,8 m ini terbagi menjadi 2 lajur lalu lintas 1 arah (1 buah jalan layang) dengan masing-masing lebar lajur lalu lintas 3 m dan lebar masing-masing trotoar pada sisi kanan dan kiri jalan layang 1 m. Konstruksi atas jalan layang direncanakan menggunakan pelat lantai jalan layang dari beton bertulang, gelagar memanjang dari PCI Girder. Konstruksi bawah meliputi abutment dari beton bertulang. Pondasi menggunakan bored pile yang berdiameter 1m. Kedalaman pondasi bored pile pada abutment adalah 12 m. Dalam perancangan jalan layang ini direncanakan pula jalan pendekat atau oprit jalan layang dengan panjang masing-masing untuk oprit pada pintu keluar terminal 185 m dan oprit pada pintu masuk terminal adalah 143 m. Pada oprit jalan layang direncanakan menggunakan perkerasan lentur dengan tebal laston 150 mm, tebal lapis pondasi bawah 100mm CBK ( Campuran Beton Kurus ) dengan kuat tekan beton 5 MPa ( 50 kg/m2 ). Berdasarkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan 2 buah jalan layang memerlukan biaya sebesar Rp 32,833,957,- (Tiga Puluh Dua Milyar Delapan Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Sembilan Ratus Lima Puluh Tujuh Ribu Tujuh Ratus Rupiah) biaya tersebut sudah termasuk PPN 10%, sedangkan untuk waktu pelaksanaan pembangunan diselesaikan selama 18 bulan (72 minggu).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60918
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2018 14:44
Last Modified:21 Feb 2018 14:44

Repository Staff Only: item control page