" Tugas Akhir Perkuatan Lereng pada menara SUTT Sta 19 +255 Jalan Tol Semarang – Solo Seksi Tinalun – Lemah Ireng "

Hendra , Sugih Arjaya and Elmi , Besty Pratiwi (2013) " Tugas Akhir Perkuatan Lereng pada menara SUTT Sta 19 +255 Jalan Tol Semarang – Solo Seksi Tinalun – Lemah Ireng ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
192b

Abstract

Tugas Akhir Perkuatan Lereng pada menara SUTT Sta 19 +255 Jalan Tol Semarang – Solo Seksi Tinalun – Lemah Ireng membahas analisa stabilitas lereng pada proyek Jalan Tol tersebut. Efek pembangunan jalan tol menyebabkan lereng pada STA 19+255 di sisi menara SUTT memiliki daerah topografi dengan ketinggian 61 meter dan sangat curam. Diperkirakan dengan curah hujan yang tinggi dengan posisi lapisan batu lempung yang searah dengan kemiringan lereng menjadikan lokasi tersebut rawan longsor. Simulasi kelongsoran untuk menentukan angka keamanan kondisi lereng yang terbentuk dengan dua cara, yaitu: manual (Fellenius) dan dengan software komputer (PLAXIS V 8.2). Pembuatan model topografi lereng sesuai dengan kondisi lapangan yang ada Jenis lapisan tanah ditentukan dengan stratifikasi menggunakan data boring dan nilai SPT yang ada. Analisa penanganan awal direncakan dengan membuat terasering dengan kemiringan 60º dan melakukan cutting pada puncak lereng. Selanjutnya lereng tersebut diberi perkuatan menggunakan proteksi bored pile dengan diameter 0,6 meter. Perkuatan dibuat di sisi menara SUTT dan di dasar lereng. Kedalaman bored pile pada sisi menara 30 m terukur dari kaki menara SUTT mengelilingi menara SUTT sehingga terbentuk seperti sheet pile. Kedalaman bored pile pada dasar lereng 8 meter dipasang berderet pada sisi jalan tol saja. Angka aman yang didapat dari alternatif penanganan tersebut dihitung dan diperbandingkan hasilnya dengan cara manual (Fellenius) dan software komputer (PLAXIS V 8.2). Nilai angka aman (safety factor) yang dihitung dengan PLAXIS sebelum penanganan sebesar 1,48. Setelah dilakukan alternatif penanganan nilai angka aman (safety factor) naik menjadi 1,62. Hasil perhitungan angka aman yang didapat dari hasil perhitungan manual (Fellenius) tidak jauh berbeda dengan perhitungan dengan software komputer (PLAXIS V 8.2). Pada kondisi sebelum penanganan sebesar 1,36. Setelah diberi proteksi bored pile nilai angka aman (safety factor) naik menjadi 1,54. Rasio perbandingan sebelum dan setelah penanganan menghasilkan rasio sekitar 0,16. Dari Analisa Rencana Anggaran Biaya jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan proteksi kelongsoran Perkuatan Lereng Pada menara SUTT Sta 19 +255 Jalan Tol Semarang – Solo Seksi Tin

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60906
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Feb 2018 13:58
Last Modified:21 Feb 2018 13:58

Repository Staff Only: item control page