Perencanaan Jalur Ganda Kereta Api Koridor Semarang-Bojonegoro Ruas Semarang Tawang-Ngrombo ( Design of Double Track Railway of semarang Tawang-Ngrombo section Semarang-Bojonegoro Corridor)

Dian , Rachmasari and Srie Heruyani , Stevia Lukmanasari (2013) Perencanaan Jalur Ganda Kereta Api Koridor Semarang-Bojonegoro Ruas Semarang Tawang-Ngrombo ( Design of Double Track Railway of semarang Tawang-Ngrombo section Semarang-Bojonegoro Corridor). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
289b

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan perkembangan penduduk maka semakin banyak diperlukan transportasi yang baik untuk melancarkan arus lalu lintas. Khususnya KA menuntut adanya peningkatan akan pelayanan kapasitas, kecepatan, dan juga faktor keamanan dan kenyamanan, untuk itu perlu pemikiran atau perencanaan yang mampu menjawab permasalahan tersebut, diantaranya adalah perbaikan sarana dan prasarana seperti pembangunan jaringan rel ganda Kereta Api. Dalam hal ini hanya sebatas ruas jalur Kereta Api semarang Tawang-Ngrombo yang dianggap mewakili jalur Semarang Bojonegoro. Tahapan metodologi yang digunakan dalam perencanaan ini terdiri dari tahap perumusan masalah, tinjauan pustaka, pengumpulan data, analisis data, perencanaan, penyusunan RAB dan tahap akhir. Adanya perubahan kapasitas rencana yang akan dilayani oleh jalur ini, menyebabkan kondisi alinyemen dan struktur jalur eksisting harus disesuaikan dengan persyaratan untuk jalur Kelas I. Berdasarkan kondisi tanah pada proyek yang bersifat labil dan kondisi track eksisting yang sering terendam rob maka jalur baru double track didesain dengan elevasi lebih tinggi dari kondisi jalur eksisting.Dari analisa ini dapat terlihat bahwa hampir seluruh jalur double track mengalami kondisi yang jauh berbeda dengan track eksisting dalam hal struktural, alinyemen maupun perlindungan tanah. Dari hasil perhitungan didapat proyek ini menghabiskan dana sebesar Rp 457.000.000.000,00untuk membuat jalur baru dalam kurun waktu 43 Bulan anggaran.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60883
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:21 Feb 2018 11:25
Last Modified:21 Feb 2018 11:25

Repository Staff Only: item control page