Dewi , Fitriana and Florencia , Yulistia K.O (2013) "PENGUKURAN KEPUASAN KONTRAKTOR TERHADAP KINERJA KLIEN PADA PROYEK KONSTRUKSI SWASTA ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Plain Text 158b |
Abstract
Salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam pelaksanaan suatu proyek adalah ketidakpuasan terhadap kinerja masing-masing pihak, maka perlu dilakukan evaluasi kepuasan atau satisfaction measurement untuk mengetahui permasalahan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator indikator yang mempengaruhi penilaian terhadap kinerja klien pada proyek konstruksi swasta. Pada penelitian ini menggunakan 33 variabel untuk mengetahui tentang kepentingan dan kepuasan terhadap kinerja klien swasta. Data dikumpulkan melalui interview langsung dengan responden dan data yang diperoleh dari 58 kuesioner yang diisi oleh kontraktor. Selanjutnya, variabel-variabel tersebut diuji menggunakan 3 metode penelitian, antara lain Customer Satisfaction Index (CSI), analisis gap, serta Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisa dan perhitungan didapatkan nilai CSI sebesar 70,73% yang berarti kontraktor merasa puas terhadap kinerja klien swasta. Skor rata-rata tingkat kepuasan sebesar 3,53 (skala 1-5) dan prosentase untuk kepuasan kontraktor terbagi menjadi 11,97% kontraktor merasa cukup puas terhadap kinerja klien swasta, 56,89% kontraktor merasa puas dan sisanya 31,14% kontraktor merasa sangat puas terhadap kinerja klien swasta. Selanjutnya dengan metode IPA dapat diketahui ada 6 variabel kinerja yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatnya kinerjanya guna menigkatkan kepuasan pelanggan, meliputi pemikiran yang jelas tertuang dalam desain tidak terjadi perubahan dalam pengerjaannya, batasan kerja yang diterangkan secara mendetail, kemampuan organisasi internal, system administrasi, komitmen terhadap proyek dalam hal mutu, waktu dan biaya serta melakukan kesepakatan yang telah disetujui bersama kontraktor jika terjadi permasalahan selama pelaksanaan proyek. Hasil dari penelitian ini dilakukan pengujian validitasnya dengan mewawancarai 4 narasumber yang telah berpengalaman. Dari hasil analisa secara keseluruhan didapat kesimpulan bahwa kontraktor merasa puas terhadap kinerja klien pada proyek swasta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 60882 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 Feb 2018 11:18 |
Last Modified: | 21 Feb 2018 11:18 |
Repository Staff Only: item control page