" Evaluasi Kinerja Operasional dan Usaha Penanganan Kemacetan Lalu Lintas pada Simpang Ring Road Utara - Jalan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta "

Amri , Rizky Yuliani and Febrina , Tri Mulyaningrum (2013) " Evaluasi Kinerja Operasional dan Usaha Penanganan Kemacetan Lalu Lintas pada Simpang Ring Road Utara - Jalan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta ". Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
231b

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan kota yang sangat strategis karena berada di tengah-tengah jalur selatan Pulau Jawa, yang merupakan perantara lalu lintas Jawa bagian timur dan Jawa bagian barat. Setiap tahunnya kendaraan yang melintasi Kota Yogyakarta mengalami peningkatan, selain dikarenakan daya tarik pariwisatanya, faktor Yogyakarta sebagai kota pelajar menjadi pemicu utama kemacetan lalu lintas terutama pada simpang strategis yaitu simpang Ring Road Utara-Jalan Kaliurang. Dari data sekunder yang didapat dari Dirjen Bina Marga Yogyakarta menunjukkan bahwa angka pertumbuhan lalu lintas harian ratarata pada simpang ini mengalami peningkatan pada 5 tahun terakhir. Angka kelayakan pelayanan jalan ditunjukkan dengan nilai derajat kejenuhan/degree of saturation (DS), dengan syarat di ruas jalan DS>0,75 dan di persimpangan DS>0,85 . Hasil analisis data primer yang didapat dari survey lapangan pada Januari 2013 menunjukkan nilai DS pada ruas jalan eksisting masih memenuhi syarat, sedangkan nilai DS persimpangan sudah tidak memenuhi syarat. Langkah pokok penanganan masalah kemacetan yaitu optimalisasi simpang dengan pengaturan waktu sinyal, pengaturan geometri simpang dan manajemen lalu lintas. Setelah langkah tersebut dinilai tidak memberikan perubahan berarti pada nilai DS, langkah terakhir adalah perencanaan pembangunan jalan baru berupa flyover. Dengan pembangunan jalan baru, kapasitas simpang akan meningkat sehingga nilai DS yang memenuhi syarat akan bertahan lama seiring dengan meningkatnya angka pertumbuhan LHR kota Yogyakarta pada tahun-tahun yang akan datang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60867
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:21 Feb 2018 09:34
Last Modified:21 Feb 2018 09:34

Repository Staff Only: item control page