EVALUASI KESESUAIAN GEOMETRIK TIKUNGAN PADA JALAN PERKOTAAN DI SEMARANG TERHADAP PEDOMAN PERENCANAAN GEOMETRIK YANG BERLAKU

Agung , Priyambudi and Bimo , Wikantiyoso (2016) EVALUASI KESESUAIAN GEOMETRIK TIKUNGAN PADA JALAN PERKOTAAN DI SEMARANG TERHADAP PEDOMAN PERENCANAAN GEOMETRIK YANG BERLAKU. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]Plain Text
197b

Abstract

Kondisi topografi dengan berbagai keterbatasannya seringkali memaksa dibuatnya tikungan yang tidak sesuai dengan pedoman, tidak terkecuali di Kota Semarang. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan evaluasi pada geometrik tikungan yang sudah ada di Kota Semarang dengan melihat kesesuaiannya dengan standar perencanaan geometrik jalan yang berlaku yaitu RSNI T-14-2004 tentang Jalan Perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap geometrik tikungan pada beberapa lokasi yang ditinjau berdasarkan pedoman perencanaan geometrik yang berlaku. Komponen geometrik tikungan jalan yang dievaluasi adalah jari-jari tikungan, panjang lengkung spiral, dan panjang lengkung. Setelah dilakukan evaluasi terhadap sampel tikungan, diperoleh hasil yaitu: 29% dari keseluruhan sampel tidak memenuhi persyaratan jari-jari tikungan, 7% tikungan tidak memenuhi persyaratan panjang lengkung, dan 3% tikungan tidak memenuhi persyaratan panjang lengkung spiral. Pada tikungan dengan kondisi geometrik yang tidak sesuai pedoman, dilakukan penanganan berupa pembatasan kecepatan dengan rambu pembatasan kecepatan dan pemasangan pita penggaduh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:60863
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:21 Feb 2018 09:03
Last Modified:21 Feb 2018 09:03

Repository Staff Only: item control page