The Role And The Application Of Mentorship For Nursing Students On Community Learning: Literature Review

Sulistiyani, Sulistiyani and Anggorowati, Anggorowati (2017) The Role And The Application Of Mentorship For Nursing Students On Community Learning: Literature Review. In: Seminar Nasional Keperawatan dan Call for papper : Pengembangan Intervensi Keperawatan Berfokus Kepada Pasien, 25 November 2017, Gd. Serbaguna Lt.3 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
174Kb

Abstract

Pendahuluan : Peranan mentorship bagi siswa perawat sangatlah penting dalam meningkatkan kepercayaan diri bagi siswa baru. Peranan mentorship tidak hanya sebatas pada pemberian pendidikan formal tetapi bisa menjadi fasilitator dalam pemberian dukungan bagi siswa perawat. Peranan mentor dapat dirasakan pada saat siswa perawat praktek klinik dan komunitas. Dalam pelaksanaan proses mentoring pada praktik komunitas, model mentorship peer-support group diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi siswa perawat. Tujuan : memberikan gambaran terhadap peran dan model mentorship bagi siswa perawat pada pembelajaran keperawatan komunitas. Metode : Metode Yang digunakan dalam proses pencarian dengan menggunakan website CINAHL, EBSCO, PubMeds, ScienceDirect dan Medline. Kata kunci pencarian yaitu mentorship di komunitas, siswa perawat, peran metorship, metode mentorship, pengalaman mentor dan mentee dalam proses bimbingan. Hasil : Peran mentor sangat penting dalam mempersiapkan siswa perawat untuk belajar di lingkungan Pembelajaran dilingkungan memberikan kewenangan dan melatih keahlian. Peran mentor tidak hanya dalam pembelajaran tetapi harus mampu mengembangkan kepekaan terhadap hambatan proses mentoring. Proses mentoring sangat didukung oleh siswa perawat karena dengan adanya mentor membuat mereka dapat termotivasi untuk mengembangkan keahlian. Diskusi : Mentor yang baik harus mampu memberikan dukungan disaat mahasiswa mengalami tekanan. Mentor harus selalu melatih ketrampilan dengan pelatihan-pelatihan mengingat proses mentoring memang menuntut keahlian pada bidang tertentuori. Komunikasi yang efektif dalam proses mentoring merupakan faktor yang harus dijaga. Komitmen antara mentor dan mentee juga merupakan point penting agar tujuan mentoring dapat terlaksana sesuai tujuan. Kesimpulan : Peran mentor sangat penting untuk menjadikan siswa perawat mandiri dalam praktek. Proses mentoring dapat dijalankan dengan pelaksanaan model peer support group.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:60833
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:19 Feb 2018 13:41
Last Modified:19 Feb 2018 13:41

Repository Staff Only: item control page