HETEROSIS DAN DERAJAT DOMINANSI HASIL PERSILANGAN EMPAT VARIETAS KEDELAI (Glycine max L.) DALAM RANGKA PENYEDIAAN POPULASI AWAL UNTUK SELEKSI

UTOMO, Frendi Heru and Kristanto, Budi Adi and Kusmiyati, Florentina (2017) HETEROSIS DAN DERAJAT DOMINANSI HASIL PERSILANGAN EMPAT VARIETAS KEDELAI (Glycine max L.) DALAM RANGKA PENYEDIAAN POPULASI AWAL UNTUK SELEKSI. Undergraduate thesis, Faculty of Animal and Agricultral Sciences.

[img]
Preview
PDF
567Kb
[img]
Preview
PDF
157Kb
[img]
Preview
PDF
178Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

165Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

208Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2034Kb
[img]
Preview
PDF
3209Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyilangkan menyilangkan empat varietas kedelai, mengetahui nilai heterosis dan daya waris hasil persilangan dalam rangka penyediaan populasi awal untuk seleksi. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 1 Februari – 1 Juni 2017 di green house dan Laboratorium Fisiologi dan Biokimia Tanaman Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Penelitian ini menggunakan metode persilangan dialel penuh dengan kombinasi persilangan : Dering x Grobogan, Grobogan x Dering, Dering x Detam, Detam x Dering, Dering x Devon, dan Devon x Dering. Setiap kombinasi persilangan terdapat 5 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah keberhasilan persilangan, jumlah biji dalam polong, panjang polong, berat 10 biji. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriktif, serta dihitung nilai heterosis dan derajat domiansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan persilangan tertinggi adalaha persilangan antara Dering x Devon. Hasil persilangan terbaik pada karakter jumlah biji dalam polong yang berpengaruh langsung terhadap produksi adalah persilangan Devon x Dering dan memiliki nilai heterosis positif pada jumlah biji dalam polong, panjang polong, berat polong dan berat 10 biji. Derajat dominansi persilangan Devon x Dering menunjukkan tidak ada dominansi pada jumlah biji dalam polong, dominansi sebagian negatif pada berat dan panjang polong, serta memiliki dominansi sebagian positif pada berat 10 biji.. Simpulan dari penelitian ini adalah setiap kombinasi persilangan akan menghasilkan karakter yang berbeda-beda. Kandidat terbaik berdasarkan nilai heterosis dan derajat dominansi adalah persilangan Devon x Dering.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:60815
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Jun 2018 11:58
Last Modified:06 Jun 2018 11:58

Repository Staff Only: item control page