CLUSTERING TERJEMAHAN AYAT AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE LATENT DIRICHLET ALLOCATION (LDA) DENGAN VISUALISASI COLLAPSIBLE RADIAL TREE

PRASETYA, DIMAS DWI and KUSUMANINGRUM, RETNO (2017) CLUSTERING TERJEMAHAN AYAT AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE LATENT DIRICHLET ALLOCATION (LDA) DENGAN VISUALISASI COLLAPSIBLE RADIAL TREE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

842Kb

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang digunakan oleh umat Islam sebagai pedoman hidup, oleh karena itu menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam untuk mempelajari Al-Qur’an. Dalam mempelajari Al-Qur’an, seringkali hanya dilakukan dengan memahami setiap ayat pada surat tertentu tanpa memperhatikan ayat-ayat pada surat lainnya. Padahal belum tentu suatu masalah yang dikemukakan di dalamnya berurutan pada satu surat saja. Sebab letak sebagian ayat dan surat dalam Al-Qur’an terpencar satu dengan lainnya, tidak dalam satu bahasan. Hal tersebut menyebabkan diperlukannya penelitian mengenai pengelompokan ayat AlQur’an berdasarkan topik, agar lebih memudahkan dalam mempelajari Al-Qur’an. Pada penelitian ini, diusulkan menggunakan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk melakukan pengelompokan (clustering) terhadap terjemahan ayat Al-Qur’an dalam bahasa Indonesia. LDA akan melakukan clustering terhadap ayat-ayat Al-Qur’an berdasarkan tingkat kemiripian kata-kata yang ada pada ayat tersebut kedalam sejumlah topik. LDA akan menghasilkan dua buah keluaran yaitu, topic proportion dan probabilitas kata-topik. Agar dapat melihat lebih jelas hasil clustering terjemahan ayat Al-Qur’an, dibutuhkan suatu visualisasi. Salah satu visualisasi yang dapat menampilkan hasil clustering adalah dalam bentuk Collapsible Radial Tree. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Collapsible Radial Tree yang menampilkan hasil clustering dari terjemahan ayat Al-Qur’an dengan menggunakan kombinasi parameter LDA yang terbaik. Kombinasi parameter terbaik dalam kasus ini adalah dengan menggunakan nilai alpha 0.1, beta 0.1, dan threshold 0.001, sedangkan jumlah topik ditentukan berdasarkan kata unik di dalam Al-Qur’an, sehingga mendapatkan nilai sebesar 12. Kombinasi parameter tersebut menghasilkan nilai perplexity sebesar 9,79. Hasil pengujian usability pada visualisasi memperoleh nilai untuk indikator learnability 92 %, efficiency 65.75 %, memorability 70 %, errors 5 %, dan satisfaction 80 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60783
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:13 Feb 2018 14:56
Last Modified:13 Feb 2018 14:56

Repository Staff Only: item control page