SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI PADA KANTOR POS DIVISI REGIONAL VI SEMARANG MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW)

Tanjung, Ishaq and Suhartono, Suhartono (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI PADA KANTOR POS DIVISI REGIONAL VI SEMARANG MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

847Kb

Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. PT. Pos Indonesia sangat menuntut kualitas SDM yang unggul demi mempertahankan kualitas dan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, perlu diberikannya promosi atau kenaikan jabatan pegawai. Setiap pegawai memiliki perbedaan kemampuan dan pengalaman sehingga menjadi sulit untuk diputuskan, terutama jika ada beberapa pegawai yang memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Salah satu cara untuk mempermudah penentuan kenaikan jabatan pegawai adalah membangun sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan yang dibangun menggunakan metode FSAW. FSAW adalah metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif pada semua atribut yang digunakan. Setiap alternatif dilakukan perankingan berdasarkan nilai preferensi yang didapatkan sehingga cocok untuk menyelesaikan masalah kenaikan jabatan pegawai. Metode FSAW dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan akurat ketika informasi yang tersedia tidak pasti dan tidak dapat diukur secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan kenaikan jabatan pegawai dan mendapatkan nilai akurasi dan error rate. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan wawancara dengan HRD di Kantor Pos Divisi Regional VI Semarang untuk mendapatkan kriteria kenaikan jabatan pegawai. Terdapat 7 kriteria untuk kenaikan jabatan pegawai yaitu pencapaian grade, hasil uji kompetensi/kecakapan, pengalaman produk pos, pengoperasian komputer, kehadiran, kesehatan, dan hukuman disiplin. Hasil penelitian menunjukkan nilai akurasi yang cukup tinggi pada eksperimen menggunakan metode FSAW mencapai 86,67% dan error rate 13,33%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60774
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:13 Feb 2018 14:10
Last Modified:13 Feb 2018 14:10

Repository Staff Only: item control page