APLIKASI RUTE SITUS CAGAR BUDAYA DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA BERBASIS GEOGRAFIS DI PROVINSI JAWA TENGAH

Yuangga, Firna Aditya and Saputra, Ragil (2017) APLIKASI RUTE SITUS CAGAR BUDAYA DENGAN ALGORITMA DIJKSTRA BERBASIS GEOGRAFIS DI PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

890Kb

Abstract

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah yang dijadikan sebagai situs cagar budaya yang harus dilestarikan. Ada berbagai macam bentuk situs cagar budaya yaitu berupa fosil, peralatan dari masa lampau, prasasti, patung, bangunan, tulisan dan cerita. Banyaknya situs cagar budaya yang ada di Jawa Tengah membuat banyak pengunjung yang ingin berkunjung dan mengeksplorasi situs cagar budaya yang ada di Jawa Tengah. Hasil kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung dengan waktu perjalanan yang dimiliki tidak optimal karena pengunjung belum mengetahui urutan yang tepat dalam mengunjungi situs cagar budaya yang ada, sehingga jumlah situs cagar budaya yang dikunjungi tidak maksimal. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan adanya sistem informasi yang dapat memberikan saran berupa rute perjalanan situs cagar budaya yang dapat mempermudah pengunjung untuk menentukan situs cagar budaya mana saja yang akan dikunjungi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi rute situs cagar budaya dengan menggunakan algoritma Dijkstra berbasis geografis di Provinsi Jawa Tengah. Masukkan yang digunakan yaitu waktu perjalanan dan waktu kunjungan. Algoritma Dijkstra digunakan untuk menentukan rute situs cagar budaya yang akan dikunjungi. Sistem ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter, dan DBMS MySQL. Selain itu sistem dapat menampilkan peta dan penyebaran titik situs cagar budaya yang ada di Jawa Tengah dengan menggunakan Google Maps API. Sistem ini dikembangkan dengan model Waterfall. Pengujian fungsional sistem dilakukan dengan menggunakan pengujian black box dan pengujian usability. Hasil dari pengujian black box bahwa sistem sudah sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari pengujian usability yang meliputi learnability (kemudahan), efficiency (efisiensi), memorability (mudah diingat), errors (kesalahan), dan satisfaction (kepuasan), memperoleh persentase nilai keseluruhan 95%, berdasarkan kategori yang ada maka sistem masuk dalam kualifikasi sangat baik dan hasilnya berhasil.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60756
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2018 11:14
Last Modified:13 Feb 2018 11:14

Repository Staff Only: item control page