SISTEM INFORMASI FASILITAS SEKOLAH DAN PENCAPAIAN LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS WEB UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN

Perdana, Bagas Cakra and Saputra, Ragil (2017) SISTEM INFORMASI FASILITAS SEKOLAH DAN PENCAPAIAN LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS WEB UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

528Kb

Abstract

Dinas Pendidikan Kota Pekalongan mempunyai kewajiban menyelenggarakan layanan pendidikan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan. Dalam menyelenggarakan layanan pendidikan tentunya membutuhkan data pendidikan agar dapat mengetahui kondisi layanan yang ada. Tetapi pada proses penyimpanan data masih dilakukan secara bentuk fisik dalam rak penyimpanan yang terpusat pada Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (DikDas). Hal tersebut menyebabkan berkurangnya kapasitas ruang kerja dan keterbatasan akses data untuk bidang lain. Keterbatasan akses tersebut memungkinkan keterlambatan dalam pengambilan keputusan untuk suatu sekolah. Oleh karena itu perlu adanya pengolahan data secara digital dalam sebuah media penyampaian informasi yang dapat mengurangi kebutuhan kertas kerja. Dengan adanya media tersebut diharapkan memudahkan akses data oleh pihak terkait untuk pengambilan keputusan tanpa perlu menunggu pengelolaan lebih lanjut dari Bidang DikDas. Media penyampaian informasi yang dapat mengelola data terkait pendidikan, yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi berbasis web. Penyampaian informasi tidak hanya dapat menggunakan media teks, tabel atau grafik, telah ada media penyampaian informasi dalam bentuk peta yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Pada penelitian ini dihasilkan sistem yang dapat mengelola data pendidikan menjadi informasi pencapaian layanan pendidikan yang dilihat dari dua kategori, yaitu status indikator pendidikan dan sarana prasarana pendidikan. Status indikator pendidikan ditampilkan dalam bentuk peta untuk setiap kecamatan. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen basis data MySQL. Dalam proses digitasi peta menggunakan software ArcGIS 10.3. Untuk pengujian sistem menggunakan black box dan pengujian usability. Hasil pengujian black box menunjukkan sistem telah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan fungsional sistem. Pengujian usability yang meliputi aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction memperoleh nilai persentase keseluruhan 90% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60754
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:13 Feb 2018 10:48
Last Modified:13 Feb 2018 10:48

Repository Staff Only: item control page