SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN DAN EVALUASI STAFF PENGAJAR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION DENGAN METODE PROMETHEE

Khoirunnisa, Siti Rufi’at and Wibowo, Adi (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN DAN EVALUASI STAFF PENGAJAR LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION DENGAN METODE PROMETHEE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

636Kb

Abstract

Seleksi penerimaan staff pengajar merupakan proses seleksi yang perlu dilakukan oleh Ganesha Operation secara berkala, namun proses yang dilakukan tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang dapat membantu pembuat keputusan dalam menyeleksi para pelamar yang mendaftarkan diri sebagai calon staff pengajar di Ganesha Operation. Proses seleksi penerimaan dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria diantaranya adalah penilaian CV dari para pelamar berupa IPK dan almamater; nilai tes tertulis yang terdiri dari tes mata pelajaran sesuai bidang dan tes TPA; serta performansi dalam tes mengajar (micro-teaching) yang terdiri dari penyampaian materi, kerapihan tulisan, sistematis dan penekanan suara saat mengajar. Selain itu, evaluasi diperlukan untuk menentukan ranking pengajar ter-favorit. Oleh karena itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk membantu pembuat keputusan dalam menentukan ranking tersebut. Baik proses seleksi maupun evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode PROMETHEE, salah satu metode penentuan ranking dalam analisis multikriteria. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil akhir dari sistem ini berupa ranking seleksi penerimaan pengajar serta ranking pengajar terfavorit. Hasil tersebut menjadi saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak Ganesha Operation, terutama staff akademik dan kepala cabang. Hasil pengujian menunjukkan sistem memiliki nilai akurasi sebesar 87.5% dengan error rate sebesar 12.5%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60752
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2018 10:38
Last Modified:13 Feb 2018 10:38

Repository Staff Only: item control page