SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTA SEMARANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus PT. Alam Jati Semesta Kurnia Agung)

Hasnah , Aulia Dinul and Saputra, Ragil (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI KOTA SEMARANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Studi Kasus PT. Alam Jati Semesta Kurnia Agung). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

446Kb

Abstract

Tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang mana ketersediannya harus segera dipenuhi agar manusia dapat menjaga kelangsungan hidup dengan baik. PT Alam Jati Semesta Kurnia Agung (Ajisaka) merupakan salah satu pengembang perumahan di Kota Semarang. Pemilihan lokasi pembangunan perumahan perlu dipertimbangkan secara matang agar dapat menarik pembeli serta memberikan profit untuk pengembang. Penentuan lokasi pembangunan perumahan biasanya dilakukan secara manual dengan peninjauan langsung ke lokasi. Kemudian diteliti dan dinilai kelayakannya sesuai dengan kriteria yang digunakan. Kriteria-kriteria untuk menentukan lokasi pembangunan perumahan, antara lain peruntukan lahan, lokasi bebas dari bencana banjir, lokasi bebas dari bencana longsor, kemiringan lahan, kondisi sarana-prasarana memadai, dekat dengan pusat-pusat kegiatan dan pelayanan kota, dan harga tanah. Kriteria tersebut mengacu pada rencana peruntukan lahan yang diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang atau memenuhi persyaratan yang ada pada pedoman teknis Departemen Pekerjaan Umum. Namun kondisi seperti ini masih mengandung resiko terjadinya pemilihan lokasi pembangunan yang kurang tepat, yang mengakibatkan kurangnya minat pembeli sehingga pengembang mendapatkan kerugian yang besar. Untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan lokasi pembangunan perumahan, dikembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu Direktur memutuskan lokasi mana yang akan digunakan. Terdapat data spasial sebagai data pendukung terkait dengan kriteria-kriteria yang digunakan, yaitu data poligon peruntukan lahan, poligon kemiringan lahan, poligon bencana banjir dan longsor, serta lokasi-lokasi pelayanan pemerintahan di Kota Semarang. Google Maps berperan untuk membantu proses pengambilan keputusan dengan menyajikan informasi geografis Kota Semarang. Perhitungan SPK menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), karena SAW mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Pembangunan sistem ini menggunakan metode pengembangan waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySQL. Hasil dari sistem ini yaitu menghasilkan informasi lokasi alternatif terbaik untuk pembangunan perumahan. Pengujian dengan 4 skenario menghasilkan 3 skenario dengan lokasi akhir yang sama antara hasil dari sistem dengan hasil dari PT Ajisaka.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60747
Deposited By:Mrs. Khadijah .
Deposited On:13 Feb 2018 10:24
Last Modified:13 Feb 2018 10:24

Repository Staff Only: item control page