MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM BROILER FASE STARTER DI CV.BERKAH PUTRA CHICKEN DESA TONJONG KECAMATAN.TAJUR HALANG KABUPATEN.BOGOR JAWA BARAT

SURBAKTI, BAGI KITA A.B.R. and Sarengat, Warsono (2017) MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM BROILER FASE STARTER DI CV.BERKAH PUTRA CHICKEN DESA TONJONG KECAMATAN.TAJUR HALANG KABUPATEN.BOGOR JAWA BARAT. Undergraduate thesis, Faculty of Animal and Agricultural Sciences.

[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]
Preview
PDF
153Kb
[img]
Preview
PDF
207Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

89Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

576Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1913Kb
[img]
Preview
PDF
2563Kb

Abstract

Materi yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapangan adalah peternakan ayam broiler fase starter di CV. Berkah Putra Chicken, Bogor, Jawa Barat. Metode yang dilakukan pada Praktek Kerja Lapangan yaitu berpartisipasi secara aktif mengikuti kegiatan rutin farm. Pengambilan data tentang perusahaan baik primer maupun data sekunder dengan cara observasi secara langsung dan wawancara menyesuaikan daftar kuesioner (Lampiran 1) yang mencantumkan seluruh aspek manajemen pemeliharaan ayam broiler fase starter. Data sekunder yang diperoleh dari catatan di CV. Berkah Putra Chicken, Bogor, Jawa Barat, berupa data pakan, air mnum, kandang, pencegahan penyakit (biosecurity dan vaksinasi) dan bobot badan serta keseragaman (uniformity). Hasil yang diperoleh diolah secara deskriptif dan statistik sederhana kemudian dikembangkan dengan membuat laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Manajemen Pemeliharaan ayam bloiler fase starter di CV. Berkah Putra Chicken, Bogor, Jawa Barat menggunakan sitem modern yaitu dengan sistem kandang tertutup (close house). Sistem pemeliharaan modern tersebut bertujuan untuk mempermudah pemeliharaan dan supaya kondisi dalam kandang dapat diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan ayam. Tersedianya mesin-mesin modern mampu meningkatkan efisiensi baik dari aspek manajemen maupun ekonomi. Program pemberian pakannya sudah baik karena pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan ayam untuk setiap periodenya dan kandungan dalam pakan cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam. Pemberian air minum sudah baik karena diberikan ad libitum sehingga ayam tidak dehidrasi. Biosecurity dilakukan untuk semua yang masuk ke dalam farm melalui penyucian kaki, mulai dari kendaraan, karyawan, tamu, dan lingkungan sekitar kandang. Hal tersebut menunjukkan bahwa biosecurity yang diterapkan telah sesuai dengan standar, walaupun tempat dan alat yang digunakan untuk kegiatan sanitasi dan biosecurity belum lengkap atau baik. Vaksinasi yang dilakukan sudah baik karena vaksinansi yang dilakukan disesuaikan dengan umur dan dilakukan secara rutin. Bobot badan pada fase starter telah mencapai standar yang telah ditentapkan oleh perusahaan, namun uniformity yang dihasilkan masih rendah karena masih dibawah standar uniformity yang baik. Kata Kunci : ayam broiler fase starter, manajemen pemeliharaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:60742
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:06 Jun 2018 12:28
Last Modified:06 Jun 2018 12:28

Repository Staff Only: item control page