ANALISIS USAHA TANI TEBU RAKYAT DAN LOYALITAS PETANI BERKAITAN DENGAN PERILAKU PETANI, PERAN PEMERINTAH DAN PABRIK GULA (STUDI KASUS DI KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR)

LUKITO, Aris and Karno, Karno and SETIADI , AGUS (2017) ANALISIS USAHA TANI TEBU RAKYAT DAN LOYALITAS PETANI BERKAITAN DENGAN PERILAKU PETANI, PERAN PEMERINTAH DAN PABRIK GULA (STUDI KASUS DI KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR). Masters thesis, Faculty of Animal and Agricultural Sciences.

[img]
Preview
PDF
344Kb
[img]
Preview
PDF
147Kb
[img]
Preview
PDF
194Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

258Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

468Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1291Kb
[img]
Preview
PDF
2697Kb

Abstract

Budidaya tebu telah berkembang sejak jaman penjajahan Belanda, dengan bukti sejarah berupa berdirinya pabrik gula pada masa itu. Gula berperan strategis dalam kebutuhan pokok nasional. Mayoritas penyedia tebu sebagai bahan baku gula di Indonesia adalah petani. Loyalitas petani dalam membudidayakan tebu menjadi menarik untuk ditelaah lebih lanjut khususnya di wilayah lumbung gula nasional yaitu Jawa Timur, dimana Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu diantaranya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengevaluasi kelayakan usaha tani tebu rakyat di Kabupaten Pasuruan, (2) untuk menilai loyalitas petani dalam budidaya tebu rakyat di Kabupaten Pasuruan, dan (3) menganalisis hubungan kausalitas dari perilaku petani, peran pemerintah, pabrik gula dan loyalitas petani tebu rakyat di Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survei. Lokasi survei di Kecamatan Grati, Winongan, Gondangwetan dan Nguling di Kabupaten Pasuruan. Responden diambil secara purposive sampling. Analisis dilakukan untuk mengukur variabel kelayakan usaha tani tebu rakyat, mengukur tingkat loyalitas petani dalam mengusahakan budidaya tebu rakyat serta mengukur hubungan kausalitas dari variabel loyalitas petani tebu rakyat, perilaku petani, peran pemerintah, dan peran pabrik gula. Analisis usaha tani dilakukan dengan menghitung Revenue/ Cost ratio (R/C) dan profitabilitas melalui Net Profit Margin (NPM); analisis tingkat loyalitas dan berbagai peran pendukungnya dilakukan dengan scoring method ; sedangkan hubungan kausalitas dilakukan dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya tebu rakyat dengan pola sewa lahan layak diusahakan dengan nilai perbandingan penerimaan dibanding biaya yang dikeluarkan (R/C) sebesar 1,17 dan NPM 0,14. Sedangkan pola tanpa menggunakan sewa lahan menunjukkan R/C sebesar 1,74, dan NPM 0,42 Tingkat loyalitas petani tebu rakyat di Kabupaten Pasuruan termasuk kategori Sangat Tinggi (82,26%), dengan dukungan peran perilaku petani Tinggi (70,65%), peran Pabrik Gula Tinggi (64,13%) dan peran pemerintah Cukup Tinggi (57,23%). Loyalitas petani didukung oleh hubungan yang signifikan mempengaruhinya yakni peran perilaku petani (P=0,039), sedangkan peran pemerintah (P=0,192) dan peran pabrik gula (P=0,253) tidak signifikan mempengaruhi secara langsung. Namun demikian peran perilaku petani dipengaruhi signifikan oleh peran pabrik gula (P<0,05), meskipun tidak signifikan dipengaruhi oleh peran pemerintah (P=0,299). Peran pabrik gula signifikan dipengaruhi oleh peran pemerintah (P<0,05).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
ID Code:60740
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:06 Jun 2018 11:45
Last Modified:06 Jun 2018 11:45

Repository Staff Only: item control page