SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FUZZY SAW) (Studi Kasus : Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Tembalang Kota Semarang)

Rosmania, Fita and Sutikno, Sutikno (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FUZZY SAW) (Studi Kasus : Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

362Kb

Abstract

Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kecamatan Tembalang telah melaksanakan program Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) untuk melaksanakan percepatan penanggulangan kemiskinan dan sebagai pengembangan sistem perlindungan sosial. PKH menanggulangi kemiskinan dan sebagai pengembangan sistem perlindungan sosial bersyarat bagi masyarakat kurang mampu. Pemilihan PKH harus tepat sasaran untuk menanggulangi kemiskinan di Kecamatan Tembalang. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem pendamping keputusan berbasis website untuk meningkatkan efektifitas seleksi sehingga bantuan dapat diterima oleh sasaran yang tepat. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Program Keluarga Harapan merupakan sistem pendukung keputusan berbasis web untuk memilih beberapa penerima program PKH dengan metode Fuzzy Simple Additive Weighting berdasarkan 4 kriteria, yaitu komponen kesehatan, komponen pendidikan, komponen penyandang disabilitas, dan komponen lanjut usia. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, sistem ini menghasilkan nilai preferensi yang digunakan sebagai perangkingan alternatif yang terdapat pada sistem. Hasil penelitian menunjukkan nilai akurasi 88.75% dan error rate 11.25%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60739
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Feb 2018 09:55
Last Modified:13 Feb 2018 09:55

Repository Staff Only: item control page