SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI RASKIN (BERAS MISKIN) DENGAN METODE SIMPLE-MULTY ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (Studi Kasus Desa Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap)

MADINI, FIJRI and Bahtiar, Nurdin (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DISTRIBUSI RASKIN (BERAS MISKIN) DENGAN METODE SIMPLE-MULTY ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (Studi Kasus Desa Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

615Kb

Abstract

Bentuk implementasi pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional dengan menyediakan dan menyalurkan beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah dan rawan pangan. Pemilihan warga yang berhak mendapatkan penyaluran beras bersubsidi di Desa Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap dilakukan melalui dua tahap yaitu musyawarah desa dan musyawarah kecamatan. Hal tersebut menghambat pemilihan Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin (RTS-PM Raskin) karena akan melalui tahapan tukar pendapat yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan dalam upaya membantu para pembuat keputusan untuk memilih RTS-PM Raskin yang sesuai dengan kriteria kemiskinan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySQL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Multy Attribute Rating Technique (SMART) dengan kriteria yang digunakan sebanyak lima kriteria yakni Aset, Penghasilan, Kondisi Rumah, Subsidi Lain, dan Jumlah Tanggungan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari data calon RTS-PM Raskin di Desa Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap tahun 2017. Hasil akhir sistem berupa tabel data RTS-PM Raskin yang telah diurutkan dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Diharapkan data RTS-PM Raskin yang telah diurutkan mampu menjadi saran yang dapat dipertimbangkan Kepala Desa dalam memilih RTS-PM Raskin di Desa Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Sistem Pendukung Keputusan ini telah memenuhi kebutuhan fungsional sistem dan mampu memberikan hasil preferensi alternatif dengan nilai yang sama dengan perhitungan preferensi secara manual. Hasil pengujian usability yang meliputi aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction pada sistem ini memperoleh nilai persentase keseluruhan 91,5% dengan hasil kualifikasi sangat baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60699
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:12 Feb 2018 10:52
Last Modified:12 Feb 2018 10:52

Repository Staff Only: item control page