SISTEM EFISIENSI UNIT KERJA PADA MASKAPAI PENERBANGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC INPUT-ORIENTED

Garin, Mirza Chilman and Noranita, Beta (2017) SISTEM EFISIENSI UNIT KERJA PADA MASKAPAI PENERBANGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DENGAN PEMODELAN BCC INPUT-ORIENTED. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

827Kb

Abstract

Sistem Efisiensi Unit Kerja pada Maskapai Penerbangan merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengukur efisiensi pada maskapai. Maskapai membutuhkan sebuah sistem yang dapat menilai apakah maskapai sudah memiliki nilai yang efisien dibandingkan dengan maskapai yang lain. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengukur efisiensi suatu maskapai dengan cara yang objektif. Maka dari itu sistem ini dibuat untuk memberikan rekomendasi maupun pengetahuan apakah teknik promosi atau unit kerja atau penggunaan sumber daya yang mereka gunakan sudah dalam tahap maksimum atau hanya sebuah pemborosan belaka sehingga dibuatlah sebuah sistem yang dapat memberikan rekomendasi. Sistem ini juga dapat digunakan untuk menentukan apabila maskapai tersebut sudah bekerja dalam kapasitas yang telah efisien atau belum. Sistem ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan pemodelan BCC Input-Oriented dalam perhitungan efisiensinya dan CCR Input-Oriented dalam pemberian rekomendasi. Sistem ini dikembangkan dengan model proses Waterfall. Decision Making Unit (DMU) yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 4 unit. Perhitungan efisiensi pada tiap unit akan memunculkan angka antara 0 hingga 1. Jika efisiensi bernilai 1 maka DMU tersebut sudah efisien akan tetapi jika belum bernilai 1 maka DMU tersebut belum efisien dalam unit kerjanya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 variabel dengan 3 variabel berupa input dan 2 variabel berupa output, variabel Late Performance, Harga rata-rata tiket dan Available seat kilometers sebagai variabel input sedangkan untuk variabel output adalah Revenue Passenger Kilometers dan Embarkation Passengers. Sistem akan melakukan perhitungan dari nilai variabel yang sudah didapat kemudian setelah hasil efisiensi ditemukan maka sistem akan memberikan rekomendasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 4 DMU, ditemukan bahwa terdapat 3 DMU yang telah bernilai efisien dengan nilai efisiensi 1 sedangkan terdapat 1 DMU belum efisien dan mempunyai nilai Efisiensi sebesar 0.94.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60653
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:09 Feb 2018 14:55
Last Modified:09 Feb 2018 14:55

Repository Staff Only: item control page